Sukabumi Update

Innalillahi, Ulama Kharismatik Buya Syakur Yasin Wafat di Usia 75 Tahun

Ulama kharismatik asal Indramayu Buya Syakur meninggal hari ini di usianya yang ke 75 tahun (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar duka datang dari salah satu ulama besar Indonesia yakni KH Syakur Yasin atau yang akrab dikenal dengan Buya Syakur. Beliau wafat di Usia 75 tahun pada Rabu (17/1/2024) pukul 02.00 WIB dini hari di Rumah Sakit Mitra Plumbon, Cirebon, Jawa Barat.

Dikutip dari laman NU Online Jabar, kabar tersebut diterima NU Online dari Kiai Rifqiel Asyiq yang bersumber dari orang terdekatnya.

"Innalillahi wainna ilaihri raaji’un. Sampun kapundut dateng kersane Gusti Allah (telah dipanggil ke Rahmatullah) KH. Buya Syakur Yasin Cadangpinggan. Mugi Husnul Khatimah," demikian tulis Rifqil di salah satu grup Whatsapp.

Baca Juga: Sempat Menimba Ilmu di Sukabumi, Abah Anom Ulama Besar Tatar Sunda

Sekilas Mengenal Buya Syakur

Ulama besar asal Indramayu ini lahir pada 2 Februari 1948 di Desa Tulungagung, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Sosok Buya Syakur dikenal sebagai salah satu ulama kharismatik asal Indramayu, Jawa Barat. Pengajiannya yang rutin diikuti oleh lintas kalangan, baik secara luring di pesantren asuhannya, Pondok Pesantren Cadangpinggan, Kertasemaya, Indramayu maupun secara daring melalui kanal Youtubenya.

Baca Juga: Profil KH Zezen Zainal Abidin, Ulama yang Diusulkan Jadi Nama Jalan di Sukabumi

Pendidikan Buya Syakur ditempuh belasan tahun di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat.

Setelah itu, ia dikirim untuk belajar di sejumlah negara di Timur Tengah, mulai dari Irak, Suriah, Libya, Tunisia, hingga Mesir. Bahkan, sebelum kembali ke tanah air, Buya Syakur juga sempat menempuh pendidikan di Oxford, Inggris.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT