Sukabumi Update

Siapa Aanya Rina Casmayanti? Calon DPD RI yang Curi Perhatian Warga Sukabumi

Aanya Rina Casmayanti (Calon DPD RI) peraih suara terbanyak kedua di Kabupaten Sukabumi | Foto : instagram @aanyarina_c.se_official

SUKABUMIUPDATE.com - Dari 54 nama, setidaknya ada 2 nama yang berada di posisi teratas dalam pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah Jawa Barat berdasarkan rekapitulasi sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Selain komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng, ada nama Aanya Rina Casmayanti yang memimpin perolehan suara sementara di Kota dan Kabupaten Sukabumi untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat. Komeng di nomor urut 40, sedangkan Aanya Rina Casmayanti di nomor urut 2.

Berdasarkan data Kota Sukabumi di situs pemilu2024.kpu.go.id hingga Senin (19/2/2024) pukul 14.00 WIB, Komeng mendapat 12.043 suara (12,56%). Posisi kedua artis Jihan Fahira dengan 6.147 suara (6,41%), berikutnya ada nama Muhammad Yamin dengan suara 3.849 (4,01%), lalu Aanya Rina Casmayanti dengan 2.853 suara (2,98%).

Data di atas merupakan penghitungan 400 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 999 TPS di Kota Sukabumi atau baru 40,04 persen. Calon anggota DPD lain berada di peringkat berikutnya dengan perolehan suara yang beragam untuk memperebutkan kursi mewakili Jawa Barat.

Baca Juga: Viral Pernikahan Mojang Sukabumi, Seserahan Mobil Mewah hingga Rumah 1,5 M

Sementara di Kabupaten Sukabumi, hingga Senin (19/2/2024) pukul 14.00 WIB, Komeng memperoleh sebanyak 102.072 suara (13,38%), poisi kedua ada Aanya Rina Casmayanti dengan 68.874 suara (8,5%), dan poisi ke tiga artis Jihan Fahira dengan
35.451 suara (4,65%), lalu Aa Ade Kadarisman dengan 34,909 suara (4,58%) persen). Data tersebut merupakan rekapitulasi dari 66,67 persen data masuk atau setara 5.334 TPS dari total 8.000 TPS di Kabupaten Sukabumi.

Lebih jauh, dua nama dengan perolehan teratas di Kabupaten Sukabumi, yakni Alfiansyah Komeng dan Aanya Rina Casmayanti dalam data sementara terlihat keduanya unggul disetiap kecamatan di Kabupaten Sukabumi. Komeng unggul di 38 kecamatan, sedangkan Aanya Rina Casmayanti unggul di 9 kecamatan (Cidadap, Cikidang, Cimanggu, Jampangtengah, Kabandungan, Kalibunder, Purabaya, Surade, dan Waluran).

Pemungutan suara telah dilakukan pada Rabu, 14 Februari 2024. Kota Sukabumi memiliki 258.028 Daftar Pemilih Tetap (DPT), sedangkan Kabupaten Sukabumi punya 1.997.822 DPT. Data penghitungan akan terus berubah seiring bertambahnya suara yang masuk dari TPS.

Jika Komeng dikenal masyarakat dengan latar profesi sebagai komedian, lantas siapakah Aanya Rina Casmayanti?

Aanya Rina Casmayanti mendadak mencuri perhatian karena menjadi peraih suara terbanyak setelah komedian Alfiansyah Komeng yang akrab disapa Komeng di pemilihan anggota DPD RI daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat.

Dari penelusuran sukabumiupdate.com, sosok Aanya Rina Casmayanti merupakan seorang pengusaha asal Bandung, Jawa Barat. Perempuan bergelar Sarjana Ekonomi ini memiliki riwayat karier yang cukup mentereng.

Baca Juga: Pemkot Serukan Perkuat Ketahanan Keluarga, Rencana Kerja DP2KBP3A di 2024

Dilihat dari laman lezen.id, Aanya merupakan pemilik perusahaan Star Travel yang didirikan pada 2004.

Pada 2014, dia tercatat menjabat sebagai assistant manager operasional di sebuah perusahaan konsultan media bernama SBB Media.

Setelah itu, kariernya berlanjut menjadi seorang trainer di konsultan kecantikan pada 2017. Hingga akhirnya, dia mantap mencalonkan diri sebagai caleg DPD RI Dapil Jawa Barat pada Pemilu 2024.

Terkait pencalonannya itu, Ibu muda ini menyoroti banyaknya tantangan yang dihadapi oleh warga Jawa Barat, seperti kasus stunting, KDRT, lapangan kerja, TPPO, dan masalah lainnya. Aanya menyebut masih banyak permasalahan di Jawa Barat yang belum teratasi, terbukti dari tingginya angka kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), lapangan pekerjaan, dukungan pemerintah terhadap UMKM.

Dalam kampanyenya, Aanya pun menyatakan kesiapannya untuk melayani dan memberikan solusi bagi seluruh rakyat Jawa Barat selama 24 jam.

Dia juga telah mengembangkan inovasi sistem pelayanan digital yang bertujuan untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat secara menyeluruh dan mudah diakses.

Sumber : berbagai sumber

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT