Sukabumi Update

KAI Sediakan 128 Ribu Tiket KA Pangrango dan Siliwangi untuk Mudik Lebaran 2024

KA Pangrango di Stasiun Sukabumi. (Sumber Foto : Dok. PT KAI Daop 1 Jakarta)

SUKABUMIUPDATE.com - PT KAI Daop 1 Jakarta menyediakan 128 ribu lebih tiket Kereta Api (KA) Pangrango relasi Bogor-Sukabumi dan KA Siliwangi relasi Sukabumi-Cipatat untuk arus mudik Lebaran 2024.

KAI sendiri telah menetapkan masa angkutan lebaran 2024 mulai tanggal 31 Maret 2024 hingga 21 April 2024.

"KAI menyediakan total 66.000 tiket KA Pangrango untuk angkutan lebaran 2024 yang sudah dapat dipesan, dan untuk KA Siliwangi disediakan 62.964 tempat duduk untuk angkutan lebaran 2024," kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam rilis yang diterima sukabumiupdate.com, Kamis (21/3/2024).

Hingga Rabu 20 Maret 2024, lanjut Ixfan, sebanyak 16.079 tiket KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi PP telah terjual dengan okupansi 24 persen. Menurutnya, pemesanan tiket KA Pangrango keberangkatan 31 Maret 2024 sudah bisa dilakukan dari 1 Maret 2024.

Sedangkan tiket KA Siliwangi relasi Sukabumi-Cipatat PP baru bisa dijual pada H-7 Lebaran atau 24 Maret 2024 untuk jadwal keberangkatan 31 Maret 2024.

"Sebanyak 132 KA Pangrango yang akan mengakomodir masyarakat dalam angkutan lebaran 2024 selama 22 hari dengan 6 KA perharinya. Sedangkan untuk KA Siliwangi total 66 KA dengan perjalanan KA dari Sukabumi ke Cipatat 3 KA," jelasnya.

Menurut Ixfan, jumlah penjualan tiket KA Pangrango tersebut dapat terus meningkat karena penjualan secara online maupun on the spot di stasiun (go show) masih berlangsung.

"Kami mengimbau kepada calon penumpang yang membutuhkan informasi lebih detil terkait jadwal KA, dapat melalui aplikasi access by kai, menghubungi Contact Center 121, web resmi kai.id, dan chanel eksternal yang bekerja sama dengan PT KAI," tuturnya.

Ixfan mengatakan, KAI mendukung penuh pernyataan dari Menhub Budi Karya Sumadi untuk mengakomodir masyarakat dalam mudik lebaran tahun 2024.

“Mudik Ceria dan Penuh Makna, KAI akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa angkutan kereta api agar dimana dalam setiap momen mudik tahun ini pengguna kereta api mempunyai cerita saat mudik ke kampung halaman,” kata Ixfan.

Selain itu, kesiapan dalam memasuki momen mudik lebaran, KAI pastikan layanan yang ada di setiap Stasiun keberangkatan nyaman dan aman.

Beberapa persiapan telah dilakukan, lanjut Ixfan, seperti pengecekan lintas oleh Manajemen mulai dari stasiun Bogor-Sukabumi. Adapun pengecekan yang dilakukan terkait kesiapan sarana prasarana, dan Sumber Daya Manusia atau pekerja di lapangan.

“Kami pastikan fasilitas layanan di stasiun keberangkatan dapat membuat penumpang KA merasa nyaman dan aman pada momen mudik lebaran, baik itu saat menunggu kereta api maupun saat berada di kereta api,” ucap Ixfan.

Tak hanya itu, KAI juga memberikan kenyamanan kepada para disabilitas yang ingin menggunakan jasa angkutan kereta api.

“Fasilitas seperti, ruang tunggu keberangkatan KA, musolah hingga toilet di stasiun-stasiun sudah ramah dan nyaman kepada disabilitas,” tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI