Sukabumi Update

Cegah Krisis Pangan di Masa Pandemi, Ini Saran H A Sopyan Buat Pemprov Jabar

SUKABUMIUPDATE.com - Ditengah ketidakpastian kapan berakhirnya Pandemi Corona atau Covid-19, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Daerah Pemilihan Jawa Barat 5, Kota dan Kabupaten Sukabumi, H A Sopyan meminta pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk konsen mengantisipasi dan memperkuat cadangan pangan di Jawa Barat.

BACA JUGA: Belajar dari Masa Pandemi, H.A Sopyan: LPM Bisa Jadi Solusi Hadapi Krisis

Menurutnya, antisipasi cadangan pangan bertujuan untuk mencegah kemungkinan krisis pangan selama maupun pasca-wabah COVID-19. Sopyan memaparkan, ada beberapa langkah yang disarankan untuk Pemprov Jabar dalam jangka pendek.

Pertama, pembentukan atau perkuat Lumbung Pangan Masyarakat (LPM), khususnya di desa-desa penghasil pangan di Jawa Barat. "LPM itu selain untuk cadangan pangan, juga bermanfaat sebagai sarana edukasi pentingnya persiapan pangan di masa seperti saat ini," kata Sopyan kepada sukabumiupdate.com, Kamis (14/5/2020).

Kedua, lanjut dia, hentikan segera monopoli atau kartel pangan, karena pangan adalah hak yang harus dijamin pemenuhannya oleh negara. 

BACA JUGA: H.A Sopyan: UKM Jabar Perlu Stimulus Agar Bisa Bertahan dari Pandemi Covid-19

Selanjutnya, gerakkan Bulog untuk siaga sebagai penyangga pangan. Keempat, menyiapkan cadangan pangan untuk wilayah yang melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara maksimal. "Yang kelima Pemprov harus melakukan pemantauan stok dan distribusi untuk menjaga stabilitas harga pangan," imbuhnya.

"Dari sisi masyarakat, yang harus dilakukan adalah terus pelihara solidaritas sosial dan perkuat LPM bagi yang sudah memilikinya. Masyarakat Jawa Barat dikenal tinggi soliditasnya, Insyaallah kita bisa melewati masa pandemi ini," tandas politisi Partai Gerindra tersebut.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI