Sukabumi Update

Ridwan Kamil, Pangdam, Kapolda Jabar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi relawan uji vaksin Covid-19. Tak hanya gubernur, Panglima Komando Daerah Militer III Siliwangi Mayor Jenderal Nugroho Budi Wiryanto dan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Polisi Rudy Sufahriadi juga ikut menjadi relawan.

Mereka akan diperiksa bersama pada Selasa, 25 Agustus 2020, di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Garuda, Kota Bandung. Manajer Lapangan Tim Riset Uji Vaksin Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad), Eddy Fadlyana, mengatakan mereka akan diperiksa kesehatan dulu termasuk tes usap (swab test) pada Selasa, 25 Agustus 2020.

“Setelah itu vaksinasinya Jumat siang,” katanya saat dihubungi Senin, 24 Agustus 2020. Rencananya mereka dijadwalkan datang untuk vaksinasi sekitar pukul 13.00 WIB.

Menurut Eddy, tim riset tidak mengistimewakan para pejabat dan petinggi daerah itu ketika pemeriksaan maupun uji klinis vaksin jika lolos tes kesehatan. “Sama saja seperti calon relawan uji klinis lainnya,” kata dia. Beberapa calon relawan sebelumnya batal divaksinasi karena punya penyakit kronis.

Eddy mengatakan tim riset membuat jadwal pemeriksaan calon relawan pada Selasa setiap pekannya. Sesuai hasil tes usap yang keluarnya berkisar tiga hari, maka Jumat ditetapkan sebagai hari vaksinasi setiap pekannya. Vaksin Covid-19 yang diuji itu buatan Sinovac asal Cina yang kini tengah memasuki fase tiga atau tahap akhir.

Sejauh ini uji klinis vaksin sudah dilakukan kepada 110 orang relawan. Mereka divaksinasi di enam pusat penyuntikan, yaitu di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Balai Kesehatan Unpad, Puskesmas Garuda, Dago, Ciumbuleuit, dan Sukapakir. Semuanya berlokasi di Kota Bandung.

Pekan ini selain calon relawan yang akan diperiksa dan mendapat vaksinasi perdana, relawan yang telah disuntik dua pekan lalu akan mendapat vaksinasi kedua. Sebelumnya mereka disuntik pada 11 Agustus lalu di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, yang sekaligus ditinjau Presiden Joko Widodo. “Sejauh ini saya sehat, aman-aman saja,” kata seorang relawan yang disuntik, Nina Fatimah, kepada Tempo Jumat, 21 Agustus 2020. Selanjutnya dia akan mendapat vaksinasi kedua.

Hingga Jumat pekan lalu, tim riset kata Eddy mencatat ada sekitar 2.200 orang pendaftar relawan uji klinis vaksin Covid-19. Meski telah melampaui angka target relawan sebanyak 1.620 orang, tim masih membuka pendaftaran hingga 31 Agustus 2020.

sumber: tempo.co

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI