Sukabumi Update

Serap Aspirasi Masyarakat di Desa Talaga Sukabumi, Ini Catatan Hendar

SUKABUMIUPDATE.com - Reses kesatu tahun sidang 2020-2021 anggota DPRD Jawa Barat Fraksi Partai Demokrat Hendar Darsono berlanjut ke Desa Talaga, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jumat (6/11/2020).

Pada reses tersebut masyarakat mengemukakan sejumlah aspirasinya kepada anggota Komisi II ini diantaranya mengenai infrastuktur dan sarana pendidikan yaitu keinginan vaping blok madrasah diniyah di desa tersebut, kemudian meminta jembatan penghubung Desa Caringin Wetan dengan Desa Talaga yang memadai.

BACA JUGA: Hendar Reses di Sukajaya Sukabumi, Soal Air Bersih, Modal Hingga Jamkes Dibawa ke Jabar

Masyarakat ingin jembatan itu diperlebar agar bisa mendorong daya ungkit ekonomi masyarakat. "Jembatannya sudah permanen cuman (hanya) masuk motor," kata Hendar kepada sukabumiupdate.com

Tak hanya infrstruktur saja, masyarakat pun meminta akses permodalan UKM seperti contoh bantuan kelompok perternakan dan kelompok perikanan. "Karena di daerah situ, lebih kepada (usaha) pertanian dan perikanan. Kalau tidak tani, sawah, kebun, (usaha) penyuplai ikan," jelasnya.

BACA JUGA: Reses di Padaasih Sukabumi, Hendar Terima Banyak Usulan dari Jalan hingga Peternakan

Bidang usaha masyarakat itu cocok dengan Komisi II yang diantaranya membidangi ketahanan pangan, pertanian tanaman pangan, peternakan, perikanan, perkebunan.

"Terus minta pelatihan peternak domba. Populasi ternak domba banyak namun beternak secara tradisional. (Pelatihan) untuk meningkatkan produktifitas, meningkatkan daya ekonomi, pendapatan. Kalau manual hasilnya segini, sedangkan kalau dengan pelatihan dan teknologi bisa meningkat," jelasnya.

Menurut dia, apa yang disampaikan oleh masyarakat sesuai dengan program yang dibidanginya. "Masuk dengan program provinsi tinggal kita mengusulkan saja," jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI