Sukabumi Update

Segala Potensi Bencana Ada, Pemkab Cianjur Siapkan Gudang Logistik di Selatan

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Cianjur akan menyiapkan gudang logistik bencana alam di wilayah Cianjur bagian selatan. 

PJS Bupati Cianjur Dudi Sudradjat Abdurrachim mengatakan, gudang logistik bencana itu disiapkan sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana, khususnya di wilayah Cianjur bagian selatan. 

Sebab, lanjut Dudi, Cianjur bagian selatan merupakan satu di antara wilayah yang memiliki kerawanan bencana cukup tinggi dan memiliki kondisi geografis yang cukup sulit. 

"Kita akan siapkan gudang logistik, baik peralatan maupun bahan makanan. Sehingga bila terjadi bencana, penanganannya dapat segera dan cepat," jelas Dudi kepada wartawan, Kamis (12/11/2020).

BACA JUGA: Simak Strategi Cianjur Hadapi Potensi Bencana Hidrometeorologi di Akhir Tahun Ini 

Menurutnya, keberadaan gudang logistik tersebut sangat penting sehingga ketika terjadi bencana tidak perlu menunggu dari pusat kota Cianjur. 

"Sedang dipikirkan, kita akan bikin kajian akademik. Nanti kita akan usulkan ada kelembagaan, orangnya, dan kelengkapannya," tandasnya. 

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mokhamad Irfan Sofyan, menjelaskan, Cianjur berpotensi tinggi terhadap risiko kerawanan bencana. Semua jenis bencana nyaris ada karena kondisi geografisnya. Bisa disebut, Kabupaten Cianjur sebagai 'etalase'-nya bencana di Indonesia. 

Dia mengatakan, ada 10 jenis bencana yang berpotensi terjadi di Kabupaten Cianjur. Kesepuluh jenis potensi bencana itu terdiri dari tsunami, gunung berapi, tanah longsor, pergerakan tanah, banjir, banjir bandang, kekeringan, angin puting beliung, gempa bumi serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI