Sukabumi Update

Situ Bagendit Ditata Jadi Wisata Kelas Dunia, Begini Konsepnya

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah mulai melakukan revitalisasi objek wisata Situ Bagendit. Destinasi wisata unggulan di Kabupaten Garut itu akan ditata hingga setara dengan wisata kelas dunia.

Salah satu hal yang akan membuatnya menarik adalah pembangunan masjid modern di tengah danau tersebut.

"Jadi dalam pengembangan wisata Situ Bagendit ini salah satu keunggulannya akan dibangun masjid di tengah situ (danau)," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Budi Gan Gan di Garut, Sabtu, 14 November 2020, sepeerti dikutip dari Tempo.co.

Konsep pembangunannya, masjid itu bakal bergaya modern dan ada nuansa seperti masjid di Timur Tengah. Namun tetap memerhatikan kearifan lokal di Garut.

"Masjidnya modern, standar-nya didesain sedemikian rupa seperti di Timur Tengah, dan ada ciri khas lainnya," kata Budi.

Pemerintah juga rencananya akan membangun taman teratai di danau itu. Sekaligus, dermaga yang akan didesain dengan unik.

"Begitu juga nanti keberadaan masjid ini ada teratainya, bisa melihat keindahan Gunung Cikuray, Gunung Guntur, Gunung Kaledong, Haruman, dan Talaga Bodas," kata Budi.

Penataan objek wisata Situ Bagendit akan berlangsung selama 14 bulan atau sampai Desember 2021 yang dikerjakan oleh tenaga profesional. Setelah penataan ini rampung, objek wisata ini diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan dalam maupun luar negeri. "Pengelolaannya nanti akan profesional untuk menjadi wisata kelas dunia," ujar Budi.

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI