Sukabumi Update

Upaya Restocking, Dewan H.A Sopyan Tebar 500 Ribu Benih Ikan di Sungai Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam kunjungannya ke Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat V beberapa waktu lalu, Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, H.A. Sopyan BHM melakukan pelepasan (restocking) 500.000 ekor ikan ke cekdam dan sungai di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi, diantaranya di Cekdam Bantarsari, Kecamatan Pabuaran, sungai-sungai di Kecamatan Ciracap, Ciemas, Cimanggu dan Kecamatan Cidolog.

"Kami melepaskan ikan patin dan nila, diharapkan dengan pelepasliaran ini ikan lokal sungai kita akan terus terjaga ketersediaannya," kata H.A Sopyan kepada sukabumiupdate.com melalui aplikasi perpesanan, Kamis (19/11/2020).

BACA JUGA: Reses di Kota Sukabumi, pada Bidang Pendidikan Warga Minta Ini ke H.A Sopyan

Politisi Partai Gerindra ini menjelaskan tujuan restocking ini untuk meningkatkan keanekaragaman jenis ikan, kemudian peningkatan stok ikan yang dapat ditangkap oleh masyarakat yang tinggal di sekitar sungai dan pelestarian sumber daya benih ikan. 

"Restocking ikan ini juga dilakukan dalam rangka memperkaya kembali sumber daya genetik yang ada di cekdam dan sungai-sungai tersebut, ujarnya.

BACA JUGA: Jawab Aspirasi Reses, H.A Sopyan Fasilitasi Bantuan Indukan Lele

"Saya ingin ekosistem sungai tetap terjaga, sehingga generasi kita kedepan masih bisa menikmati manfaat dari ikan-ikan lokal yang ada di sungai kita," imbuhnya.

H.A Sopyan menambahkan, dirinya juga berharap berbagai jenis ikan lokal, baik yang air tawar maupun air payau dapat dikembangkan dengan kegiatan budidaya. Hal ini senada dengan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI untuk meningkatkan perikanan budidaya.

"Kalau budidaya itu akan menghasilkan pendapatan, pasar ikan kita masih luas. Masih banyak yang bisa kita buat agar menghasilkan tambahan penghasilan bagi masyarakat," pungkasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI