Sukabumi Update

H.A Sopyan Dorong P4S Menjadi Pusat Pelatihan Pertanian Berkualitas

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Gerindra, H.A. Sopyan BHM mengatakan keberadaan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S), sangat penting ditengah-tengah upaya meningkatkan Nilai Tukar Petani (NTP) Jawa Barat.

Karena itu, menurut H.A Sopyan harus dilakukan pembinaan terhadap P4S yang selama ini sudah ada dan eksis membina petani. Hal tersebut disampaikannya menanggapi aspirasi saat reses di Cipanengah Hilir, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, pada Kamis (5/11/2020) lalu.

BACA JUGA: Reses H.A Sopyan di Kebonpedes Sukabumi, Warga Minta Difasilitasi Usaha Rumahan

"P4S itu lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok, jadi keberadaannya lahir dari kebutuhan petani," kata H.A Sopyan, Jumat (20/11/2020).

P4S Bina Usaha di Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

Legislator asal Dapil Jawa Barat V, Kota dan Kabupaten Sukabumi ini mengatakan dirinya diminta memfasilitasi pembinaan P4S dan mendorong keberpihakan pemerintah dan pemerintah daerah dalam membina P4S yang selama ini sudah eksis ditengah-tengah petani dan masyarakat namun kurang mendapat perhatian.

BACA JUGA: Upaya Restocking, Dewan H.A Sopyan Tebar 500 Ribu Benih Ikan di Sungai Sukabumi

Ditambahkan olehnya, pembinaan P4S dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kapasitas P4S dalam menyelenggarakan atau melaksanakan pelatihan, permagangan bagi petani dan masyarakat perdesaan. 

"Pembinaannya antara lain dilakukan melalui bimbingan pelatihan dari aspek kelembagaan, sarana prasarana, penyelenggaraan pelatihan, permagangan, usaha dan jejaring kerja," beber mantan Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Barat ini. 

"Aspirasi ini akan saya lanjutkan ke pemerintah daerah dan diperjuangkan sesuai mekanisme yang berlaku. Saya berharap kualitas pelatihan, permagangan di P4S terus meningkat, sehingga P4S mampu menjadi pusat pelatihan pertanian yang berkualitas," tandasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI