Sukabumi Update

Realisasi Investasi Jabar Tertinggi di Indonesia, Ini Faktor Pendukungnya

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Barat Noneng Komara Ningsih menyatakan, Jawa Barat masih paling menguntungkan dalam hal investasi. Apabila melihat incremental capital output ratio atau Icor, kata Noneng, Jawa Barat berada di level 4.

Maka dari itu Noneng menyatakan realisasi investasi Jawa Barat tertinggi di Indonesia. Bahkan, berkontribusi terhadap ekonomi nasional.

BACA JUGA: Triwulan III, Realisasi Investasi Kabupaten Sukabumi Capai 80,11 Persen

Noneng menuturkan, secara indikator, investasi di Jawa Barat sangat efisien, baik dari lahan, akses, dan infrastruktur yang sangat baik. Termasuk produktifitas tenaga kerjanya. 

"Supply chain sangat dekat, bahan baku murah, market besar, dan usia produktif melimpah. Sehingga banyak pilihan untuk memeroleh tenaga kerja ahli dan produktif," ujar Noneng Komara Ningsih dalam rapat konsolidasi data realisasi investasi di Hotel Horison Kota Sukabumi, Kamis (26/11/2020).

Dirinya berharap, lewat berbagai hal yang dibahas dalam rapat ini, investasi bisa semakin berkualitas. Termasuk berpengaruh terhadap tenaga kerja, kemiskinan, dan ekonomi. "Bukan hanya mengambil porsi investasi besar, tapi harus berdampak kepada masyarakat sekitar juga," pungkasnya.

BACA JUGA: Ini Kunci untuk Memikat Investor datang ke Sukabumi

Adapun rapat konsolidasi data realisasi investasi yang diselenggarakan DPMPTSP Provinsi Jawa Barat ini diikuti Kota/Kabupaten se-wilayah I Bogor ini, dibuka oleh Pjs Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad. 

Nonong mengatakan, kegiatan rapat ini sengaja dibuat per wilayah. Sebab, rapat ini lebih fokus membahas isu terkini dan investasi di wilayah masing masing daerah. "Jadi dalam rapat ini, membahas realisasi investasi dan isu terkini di wilayah masing masing. Jadi semuanya bisa didiskusikan dan memberikan masukan dalam rapat ini," terangnya.

Sementara itu, Pjs Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad menyatakan, realisasi investasi di Kabupaten Sukabumi selama 2020 telah mencapai angka 80,11 persen. Menurut dia, hal itu baik dari penanaman modal asing (PMA) maupun penanaman modal dalam negeri (PMDN). "Pemerintah Kabupaten Sukabumi telah menetapkan target investasi 2020 dan sampai triwulan III, capaian realisasinya sudah di angka 80,11 persen," ujar Gani. 

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI