Sukabumi Update

Komisi A DPRD Cianjur: Vaksin Gratis Jangan Dibebankan ke APBD Daerah

SUKABUMIUPDATE.com - DPRD Kabupaten Cianjur meminta pemerintah pusat tidak membebankan pembelian vaksin untuk Covid-19 ke pemerintah daerah. Jika hal itu dipaksakan akan berdampak pada proses pembangunan di tingkat wilayah. 

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Cianjur,  Mochammad Isnaeni, mengkhawatirkan akan terjadinya reposising anggaran jika pembelian vaksin Covid-19 dibebankan ke pemerintah daerah. 

Isnaeni meminta pembelian vaksin Covid-19 itu seluruhnya dibiayai oleh pemerintah pusat melalui APBN. 

"Saya khawatir vaksin yang diberikan ke wilayah (pemerintah daerah) itu nantinya harus dibeli oleh APBD. Kalau itu terjadi harus dilakukan reposising anggaran di setiap daerah," kata Isnaeni, politisi dari Partai Golkar, Jumat (25/12/2020). 

Dengan beban APBD Kabupaten Cianjur yang cukup tinggi, lanjut Isnaeni, jika kembali harus dibebani dengan pembelian vaksin Covid-19, maka proses pembangunan di daerah akan terhambat. 

"Sudahlah daerah hanya sebagai penerima manfaat, dengan dibeli seluruhnya oleh pusat (APBN) dan distribusikan ke daerah. Kita (daerah) tinggal melakukan vaksinasi ke masyarakat," jelasnya. 

Isnaeni memohon Presiden Joko Widodo dapat mempertimbangkan rencana kebijakan itu. 

"Kami menginginkan Bapak Presiden Jokowi benar-benar menggratiskan vaksin tersebut dengan dibeli oleh APBN jangan sampai ada beban ke wilayah," pungkasnya. 

Editor : Budiono

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI