Sukabumi Update

BMKG Catat Gempa Bumi Magnitudo 4,7 Guncang Pangandaran dan Tasikmalaya

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat gempa bumi terjadi pada, Jumat 15 Januari 2021 pukul 21.17 WIB di pesisir selatan Jawa.

Dikutip dari Tempo.co, sumber gempa tepatnya berada di laut, 88 kilometer tenggara Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Dalam laman resminya, gempa berkekuatan 4,7 Magnitudo dengan kedalaman sumber sejauh 57 kilometer.

Sementara intensitasnya terukur dalam skala III MMI, terasa di dalam rumah seakan ada truk melintas, di Pangandaran hingga Tasikmalaya dan Cisompet.

Di wilayah Ciamis, Banjar, dan Garut, intensitas gempa yang sama juga dapat dirasakan tapi lebih lemah. 

Menurut laman BMKG, gempa di Pangandaran adalah yang ketiga yang dapat dirasakan di wilayah Indonesia sepenjang hari ini.

Pertama, yang terjadi akibat aktivitas Sesar Mamuju-Majene di Sulawesi Barat pada dinihari. Gempa 6,2 M menyebabkan kerusakan banyak bangunan dan longsor maupun retakan tanah di beberapa lokasi.

Gempa yang kedua terjadi pada pukul 18.28 WIB di Sinabang, Pulau Simeulue, Provinsi Aceh. Sumbernya berpusat di laut, 49 kilometer sebelah barat daya kota itu. Gempa sekuat 4,7 M dan terukur berasal dari kedalaman 10 kilometer itu dapat dirasakan intensitasnya pada skala III MMI di Sinabang.

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI