Sukabumi Update

900 Jiwa Terdampak, BNPB: Banjir Bandang Cisarua Akibat Hujan Intensitas Tinggi

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan sebanyak 900 jiwa terdampak banjir bandang di Cisarua, Bogor, Jawa Barat yang terjadi pada Selasa, 19 Januari 2021, pukul 10.00 WIB. 

Menyalin tempo.co, BPNP mengatakan banjir dipicu oleh hujan deras. "Banjir tersebut disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi yang disertai longsoran dari gunung," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB  Raditya Jati.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, dalam tiga hari ke depan, wilayah Kota Bogor dan sekitarnya, berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat. "BNPB selalu menghimbau kepada warga untuk selalu waspada dan siaga menghadapi musim hujan yang akan berlangsung hingga Februari 2021," kata Raditya.

Raditya mengatakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melaporkan sementara ini warga diungsikan ke rumah kerabat dan sebagian menempati Wisma PTPN 8 Gunung Mas.

Adapun kerugian materiil yang ditimbulkan masih dalam pendataan BPBD Kabupaten Bogor. "Kondisi di lokasi saat ini masih belum kondusif. Banjir susulan masih terjadi pada pukul 12.05 WIB," kata Raditya.

Saat ini, Raditya mengatakan BPBD Kabupaten Bogor melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan lembaga juga instansi terkait untuk melakukan assesment, evakuasi, dan penanganan banjir bandang tersebut.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI