Sukabumi Update

Data Kerusakan Dampak Angin Kencang dan Hujan Es di Pasirkuda

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan rumah milik warga di tiga desa, yaitu Desa Padamulya, Girijaya, dan Girimukti di Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur rusak setelah diterjang hujan es disertai angin puting beliung, Senin (17/1/2021) sore. 

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mokhamad Irfan Sofyan, menyebutkan, hasil pendataan di lapangan, kerusakan rumah milik warga akibat terjangan hujan es disertai angin puting beliung pada sore kemarin beragam, mulai dari rusak ringan, sedang, hingga parah. 

Desa yang cukup parah terdampak akibat peristiwa itu, kata Irfan, yaitu Desa Padamulya. Sedikitnya 61 rumah warga mengalami rusak akibat terjangan hujan es disertai angin puting beliung itu. 

"Untuk rumah warga yang rusak di Desa Padamulya mencapai 61 rumah, Desa Girijaya sebanyak 9 rumah. Sementara untuk di Desa Girimulya masih dilakukan pendataan," kata Irfan kepada wartawan, Selasa (18/1/2021).

BACA JUGA: Diterjang Puting Beliung dan Hujan Es, Desa Padamulya Gelap-gulita

Irfan menyebutkan, masyarakat yang rumahnya mengalami rusak akibat bencana tersebut sudah melakukan evakuasi mandiri dibantu personel dari relawan tangguh bencana (Retana) yang ada di setiap desa. 

"Mereka (warga yang terdampak) sudah melakukan evakuasi mandiri, kini mereka untuk sementara tinggal di rumah warga yang posisinya lebih aman," jelasnya. 

Irfan mengungkapkan, jajarannya menerjunkan dua tim untuk terus melakukan assesment di tiga desa yang terdampak bencana itu. 

"Sebagian warga ada yang sudah kembali ke rumahnya. Tapi kami tetap mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada dengan segala potensi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu," ujarnya. 

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI