Sukabumi Update

Aktivitas Sesar Dasar Laut, Gempa Magnitudo 3.5 Guncang Laut Cipatujah

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi magnitudo 3.5 terjadi di laut selatan Jawa Barat, Selasa (19/1/2021) sore pukul 16.52 WIB.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi (BMKG), koordinat gempa berada di 8.02 LS dan 107.86 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada kedalaman 24 kilometer, atau dari pengecekan di Google Maps, titik gempa berada di lepas Pantai Cipatujah Tasikmalaya.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho dalam keterangan tertulis memaparkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar dasar laut.

BACA JUGA: BMKG Catat Gempa Bumi Magnitudo 4,7 Guncang Pangandaran dan Tasikmalaya

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cibalong Kabupaten Garut, Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya dengan Skala Intensitas II - III MMI.

Getaran dirasakan nyata di dalam rumah. Namun, BMKG mencatat hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. 

Hingga pukul 17.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI