Sukabumi Update

Tebing Puncak Pinus Cikalongkulon Longsor Timpa Jalan dan Rumah

SUKABUMIUPDATE.com - Tebing di kawasan Puncak Pinus, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, longsor. Bencana itu terjadi setelah kawasan itu diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak malam hingga pagi, Sabtu (20/2/2021). 

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun sebagian bangunan rumah milik salah seorang warga setempat mengalami rusak tertimpa material longsoran. 

Ricky Putra (35 tahun) seorang pengendara mobil mengaku kaget saat melintas tiba-tiba tebing longsor dengan membawa material batu dan pohon. 

"Saat itu saya sedang melintas, tiba-tiba saja terjadi longsoran. Beruntung tidak menutup seluruh badan jalan, jadi kendaraan masih bisa melintas," kata Ricky kepada wartawan, Sabtu (20/2/2021). 

Baca Juga :

Ricky menduga longsor yang menerjang kawasan itu karena intensitas hujan yang tinggi. Hingga kini warga setempat bersama aparat terkait masih melakukan evakuasi material. 

"Ada rumah warga yang mengalami kerusakan pada bagian pinggir dan belakang bangunannya. Untuk tingkat kondisi rusak parah atau tidak belum tahu," ujarnya. 

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mokhamad Irfan Sofyan mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim ke lokasi kejadian untuk membantu melakukan evakuasi material longsoran dan assessment. 

"Masyarakat diminta agar berhati-hati dan waspada dengan kondisi cuaca yang terjadi saat ini. Karena, berbagai potensi bencana dapat terjadi kapan saja," kata Irfan. 

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI