Sukabumi Update

Hiu Paus Terdampar di Pantai Cimanuk Tasikmalaya

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor hiu paus atau hiu tutul (Rhincodon typus) ditemukan terdampar di pesisir Pantai Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada Rabu (3/3/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Hiu pemakan plankton yang memiliki berat sekitar empat ton itu ditemukan warga dan nelayan lokal.

Seorang nelayan Pantai Cimanuk, Bugel menyebut, awalnya ia melihat ikan besar terdampar di batu karang. Ketika didekati, wujud ikan yang terdampar tersebut ternyata berjenis hiu paus atau hiu tutul.

"Kemudian, saya meminta bantuan kepada kawan-kawan nelayan lainnya sebanyak lima orang, berusaha menarik ikan hiu tutul tersebut agar bisa diselamatkan," ujar Bugel seperti dilansir Suara.com, dari Ayotasik.com.

Bugel menuturkan, sejumlah nelayan sempat berupaya menarik kembali hiu tersebut ke perairan. Namun, lantaran kekurangan orang, hiu tak bisa dikembalikan ke tengah laut. "Dan ketika hiu terdampar, banyak masyarakat yang ingin melihat langsung," katanya.

Ketua Nelayan Cimanuk Jajang Rahmat mengatakan, dugaan sementara hiu tutul tersebut terdampar karena air laut sedang surut.

"Kebetulan air laut di Pantai Cimanuk sedang surut. Hiu tutul ini terdamparnya di atas batu karang dalam keadaan sudah mati."

Sumber: Suara.com

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI