Sukabumi Update

Nyoman Nuarta Rancang Patung Soekarno Setinggi 100 Meter di Bandung Freedom Park

SUKABUMIUPDATE.com - Patung Presiden pertama RI, Soekarno akan dibangun setinggi 100 meter di di Bandung Freedom Park, area perkebunan teh Walini, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Patung Soekarno duduk sambil menghadap ke Kota Bandung ini akan dibuat oleh Pematung Nyoman Nuarta.

Menyalin tempo.co, miniatur purwarupa patung Soekarno itu sudah dibuat setinggi tiga meter. Nyoman Nuarta menjelaskan alasannya akan membuat patung Soekarno setinggi 100 dalam posisi duduk bukan berdiri.

"Kita tinggal di daerah rawan gempa, jadi pose patungnya duduk saja supaya kalau gempa kerusakannya tidak begitu parah," katanya Kamis 1 April 2021.

Pembuatan patung ini menurut Nyoman Nuarta, untuk merayakan seratus tahun usia almamater Bung Karno yaitu Institut Teknologi Bandung atau ITB. Di bagian dasar patung itu rencananya akan dibangun museum sejarah berlatar Asia-Afrika.

Nyoman Nuarta menjanjikan museum tersebut akan tampil beda dari yang lain dan akan digemari anak-anak untuk belajar sejarah. "Ada hologram dan mapping, sehingga anak-anak datang ke sana dan tanpa disuruh akan belajar sejarah sendiri," ujarnya.

Nyoman Nuarta menunjukkan video rancang bangun Bandung Freedom Park dan patung Soekarno di akun media sosialnya pada Kamis, 1 April 2021. Patung itu menjulang dengan bagian bawah tampak sederet bangunan berbentuk lingkaran. 

"Ada macam-macam mini zoo mungkin nanti didukung tree house," katanya.

Bandung Freedom Park menjadi calon lokasi wisata baru di Bandung Barat yang telah dirintis sejak sepuluh tahun lalu. Pemilik lahan Bandung Freedom Park adalah PTPN VIII. 

Nyoman Nuarta mengelola lahan seluas 1.000 hektare dengan sistem kerja sama dan sewa selama periode tertentu. Saat ini Nyoman Nuarta tengah mengurus surat-surat terkait lahan. 

"Setahun lagi mulai pembangunan fisiknya," ujar dia.

Konsep wisata muncul karena pendapatan dari perkebunan teh kian berkurang, sementara kondisi alam harus tetap terpelihara. Sebelumnya, rencana keberadaan Bandung Freedom Park bakal seiring dengan pembangunan kereta api cepat Jakarta - Bandung. 

Namun ide tersebut batal. Nyoman Nuarta memastikan pembangunan lahan di Walini untuk Bandung Freedom Park terus berjalan.

SUMBER: TEMPO.CO

TAGS: patung,soekarno,bandung,

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI