Sukabumi Update

Gempa di Cianjur, Warga Sebut Tembok dan Kaca Bergetar

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kabupaten Cianjur merasakan guncangan gempa yang terasa cukup kencang pada Sabtu (5/6/2021) malam. BMKG mencatat Gempa tersebut terjadi tepatnya pukul 21:52:00 WIB dengan kekuatan 3.0 magnitudo.

Heriyanto (40 tahun), warga Kampung Santiong, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengaku kaget. "Gempa terasa gede banget. Dinding rumah bergetar sangat keras," ujar Heri melalui sambungan telepon, Sabtu (5/6/2021). 

Baca Juga :

Rusmana (27 tahun) warga Kecamatan Cianjur, mengaku guncangan tersebut terasa kuat. Bahkan tembok dan kaca rumahnya bergetar.  “Getarannya kencang, saya kira gempanya besar. Setelah lihat BMKG, kekuatannya 3 magnitudo tapi berpusat tidak jauh dari wilayah perkotaan,” kata dia. 

Informasi yang dihimpun dari BMKG, gempa yang terjadi selama beberapa detik itu berpusat di koordinat 6.84 Lintang Selatan (LS) dan 107.16 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer. 

Dari koordinat tersebut, lokasi gempa berada di sekitar wilayah Desa Munjul, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, atau hanya sekitar 3 kilometer tenggara dari pusat kota Cianjur. 

Sementara itu Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Mokhammad Irfan Sopyan, mengatakan pihaknya masih melakukan pengecekan terkait dampak gempa yang berpusat di perkotaan tersebut. “Relawan Tanggap Bencana (Retana) Kabupaten Cianjur. sudah ditugaskan untuk cek apakah ada rumah yang terdampak atau tidak,” kata dia. 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI