Sukabumi Update

Temuan Disdik Jabar: Ada Warga Miskin Belum Terakomodasi PPDB 2021

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan pihaknya menemukan sejumlah persoalan dalam PPDB 2021. Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ini, Disdik Jabar mendapatkan laporan siswa dari kalangan warga miskin atau kurang mampu yang belum terakomodasi.

Hal ini diungkapkan Dedi kepada ANTARA pada inspeksi PPDB 2021 di Kota Depok Jawa Barat 11 Juni 2021 kemarin. Pertama masalah perbedaan standar nilai antar-sekolah dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru atau PPDB 2021 jalur prestasi, kedua kasus beberapa warga kurang mampu yang belum terakomodasi.

"Berdasarkan hasil sidak PPDB di Depok kemarin diketahui bahwa untuk perbedaan nilai di jalur prestasi, kami akan lakukan verifikasi khusus, mungkin butuh dua sampai tiga hari, dan untuk warga yang kurang mampu agar melakukan update data, karena kami gunakan data dari Kemensos,” kata Dedi seperti dikutip dari suara.com.

Dalam situs resmi Disdik Jabar, Dedi menegaskan sesuai skema yang telah ditetapkan, setelah masa pendaftaran, seluruh data peserta didik akan melalui verifikasi data yang dilakukan pada 14-16 Juni 2021. 

Kadisdik berpesan kepada seluruh panitia PPDB untuk memastikan dua hal. Pertama, upayakan dengan maksimal agar warga kurang mampu bisa bersekolah. "Sesuai amanat pendiri negeri ini, Bung Karno, perjuangkan rakyat miskin. Jika ada yang belum bersekolah, perjuangkanlah mereka," tegasnya.

Kedua, Kadisdik mengimbau seluruh panitia PPDB untuk tidak melanggar sistem. "Mudah-mudahan, PPDB tahun ini ada perbaikan. Adapun yang melanggar akan dikenai sanksi sesuai yang tertera di Pergub," tegasnya.

Sementara itu, minat untuk menjadi siswa di sejumlah sekolah menengah atas negeri di Kota Sukabumi cukup tinggi. Hal ini diungkapkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Barat, Nonong Winarni, dikutip dari situs resmi pemerintah Kota Sukabumi. 

Ia mengatakan sejauh ini dalam proses PPDB sekolah menengah atas di Kota Sukabumi tinggi peminat, berbeda dengan situasi PPDB di Kabupaten Sukabumi, karena masih ada sekolah sepi peminat. Adapun kuota untuk 9 sembilan sekolah menengah negeri di Kota Sukabumi sebanyak 3600 calon siswa.

Saat ini dijelaskannya, PPDB berada dalam tahap pertama yakni pendaftaran yang dibuka sejak tanggal 7 hingga 11 Juni 2021. Adapun tahapan selanjutnya adalah verifikasi data pada tanggal 14 hingga 16 Juni 2021 dan pengumuman akan dilakukan pada tanggal 21 Juni 2021. Jadwal lengkap PPDB dapat disimak melalui website disdik.jabarprov.go.id

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI