Sukabumi Update

Pansela Jalur Alternatif Sukabumi-Pangandaran Nan Eksotis, Hanya untuk Jalan Siang

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah jalur alternatif di Jawa Barat terpantau belum banyak digunakan pada musim mudik lebaran Idul Fitri 144 H tahun 2022 ini. Salah satu yang punya waktu tempuh lebih singkat dan pemandangan eksotis adalah jalur pansela, dari Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi hingga Kabupaten Pangandaran.

Pansela adalah singkatan dari pantai selatan Jawa. Bisa ditebak jika jalan raya di bawah kewenangan kementerian dan pemerintah provinsi ini akan menyusuri banyak pantai selatan Jabar yang terkenal eksotis, dari Palabuhanratu, Cianjur, Hingga Pangandaran.

Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Jabar, Idat Rosana mengatakan, kondisi lalu lintas di jalur utama masih cenderung lancar. Namun bila terjadi kepadatan, pemudik akan dialihkan ke jalur alternatif.

"Ketika ada penumpukan di jalur utama, pasti akan kami alihkan ke jalur alternatif," kata Idat dikutip dari AyoCirebon.com--jejaring Suara.com, Kamis, (28/4/2022).

photoJalur Pansela Jabar, menyusuri pantai selatan Jawa Barat dari Sukabumi hingga Pangandaran - (humas Jabar)</span

Dishub jabar sudah menyiapkan sejumlah jalur alternatif untuk mudik Lebaran. Mulai dari jalur dari Wado ke Sumedang dan jalur Pantai Selatan (Pansela) Jabar. 

Idat berkata, kondisi jalan di jalur yang menghubungkan dari Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Cianjur, hingga Sukabumi, itu sudah sangat memadai untuk dilintasi kendaraan. Walau begitu, ia mengakui, sarana dan prasarana di Jalur Pansela masih relatif minim. Ia mencontohkan, SPBU di jalur itu masih sangat sedikit.

"Mangkanya, untuk Jalur Pansela, kami sarankan pengendara melintas pada siang hari," kata dia.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI