Sukabumi Update

Dua Air Terjun Misterius di Kabandungan Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com – Dua curug di Kampung Ciraksamala, Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini tampaknya bakal menjadi destinasi wisata anyar.

Betapa tidak, curug yang diberi nama Sawer, dan Rendeng ini menyuguhkan suasana sejuk serta percikan airnya sangat menyegarkan.

BACA JUGA: Kesejukan Curug Sentral di Kecamatan kabandungan, Kabupaten Sukabumi

Curug Sawer, air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 30-40 meter. Berada pada ketinggian, antara 900-1.300 meter di atas permukaan laut (dpl), membuat suhu di sekitar curug ini sangat sejuk.

Uniknya lagi, keberadaan air terjun Curug Sawer ini terkesan masih tersembunyi, belum banyak diketahui, sehingga jarang terjamah tangan manusia. Apabila terkena percikan airnya dingin, namun dijamin sejuk dan menyegarkan.

Tak jauh dari lokasi air terjun Curug Sawer, ada lagi air terjun lainnya yang dijuluki warga sekitar, Curug Rendeng. Air terjun ini berketinggin sekitar 20-30 meter. Meskipun aliran airnya dari satu sungai, air terjun tampak dua, karena berdampingan.

Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan Desa Cihamerang, Barna Hermawan mengatakan, lokasi dua curug itu sangat banyak bebatuannya, dikelilingi pepohonan rindang. Pemandangannya memang sangat indah, dan sejauh ini jarang pengunjung.

“Cukup dari jarak beberapa meter, pengunjung akan terkena percikan air yang dingin dan sangat menyegarkan. Kedua curug ini layak menjadi perhatian Pemerintah, karena sangat indah dan masih alami, belum sering terjamah manusia,” ungkapnya.

BACA JUGA: Menantang Jeram di Sungai Terbesar Sukabumi

Diakuinya, ke depan kedua curug ini akan menjadi bagian dari potensi Desa Cihamerang. Namun, akses jalan ke lokasi dua curug ini masih sulit ditembus. Makanya wajar, dia menyebut keberadaan kedua curug ini masih misterius dan tersembunyi.

“Mungkin karena sulit dilewati menuju ke sana. Kedua curug ini masih misterius dan tersembunyi. Tapi karena itu kedua curug ini menjadi istimewa,” tukasnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI