Sukabumi Update

KKM-T 11 STKIP BMS Sosialisasikan & Edukasi Literasi Digital di Desa Cicukang Sukabumi

Sabtu, 12 Agustus 2023, Kelompok 11 KKM-T STKIP Bina Mutiara Sukabumi melakukan edukasi dan sosialisai mengenai Literasi Digital dengan memanfaatkan aplikasi canva kepada ibu-ibu PKK Desa Cicukang (Sumber: istimewa)

LAPORANWARGANET - STKIP Bina Mutiara Sukabumi kembali melaksanakan program pengabdian masyarakat tahun 2023. Kegiatan ini dihimpun dalam kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa atau KKM.

Tahun ini Panitia Pelaksana KKM mengusung Tema “Membangun Minat Baca dan
Pengetahuan Melalui Literasi di Desa Untuk Menyongsong Generasi Unggul”. Harapannya para Mahasiswa pelaksana KKM dapat meningkatkan minat baca dan pengetahuan di Desa yang telah dicanangkan.

KKM STKIP Bina Mutiara Sukabumi tahun 2023 ini berlangsung bulan Agustus, tepatnya dari tanggal 5 sampai 25. Literasi yang dikembangkan dalam kegiatan KKM ini meliputi: literasi baca tulis, literasi berhitung, literasi sains, literasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), literasi keuangan serta literasi budaya dan kewarganegaraan.

Cicukang adalah sebuah desa di Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi yang menjadi salah satu sasaran gerakan literasi KKM STKIP Bina Mutiara Sukabumi tahun ini. Tepatnya di RT 01 RW 01 Kampung Sindangraja Desa Cicukang.

Desa literasi merupakan upaya untuk menjaga agar kegiatan literasi di lingkungan masyarakat terus ada dan dapat dirasakan manfaatnya. Dengan harapan desa
Cicukang menjadi tempat berkembangnya kegiatan masyarakat yang literat dan
mewujudkan generasi yang unggul.

Program yang diangkat dalam pengembangan literasi di Desa Cicukang fokus pada literasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau yang lebih sering disebut
literasi digital.

Pada era globalisasi ini penguasaan teknologi digital menjadi sebuah tuntutan. Dimana menguasai literasi digital berarti dapat memanfaatkan dan menggunakan teknologi digital dengan baik dan bermanfaat.

Fokus pengabdian masyarakat ini yaitu literasi digital mengenai “Implementasi Literasi Digital Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Efektivitas Kegiatan Sosial Masyarakat Desa Cicukang”.

Adapun tujuan literasi berbasis digital ini yaitu memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman konsep dasar aplikasi canva serta memperkuat literasi digital masyarakat di desa cicukang dengan harapan dapat membantu memudahkan kegiatan sosial sesuai dengan kebutuhan.

Contohnya seperti untuk pembuatan logo, banner, pamflet, dan struktur organisasi.
Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2023 kepada anak usia remaja dan
pada tanggal 13 Agustus 2023 kepada ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga
(PKK) desa Cicukang.

2 Minggu, 13 Agustus 2023 Kelompok 11 KKM-T STKIP Bina Mutiara Sukabumi melakukan edukasi dan sosialisai mengenai Literasi Digital dengan memanfaatkan aplikasi canva kepada remaja Desa Cicukang.2 Minggu, 13 Agustus 2023 Kelompok 11 KKM-T STKIP Bina Mutiara Sukabumi melakukan edukasi dan sosialisai mengenai Literasi Digital dengan memanfaatkan aplikasi canva kepada remaja Desa Cicukang.

Adapun metode pelaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan pengabdian masyarakat ini yaitu menggunakan dua metode. Pertama metode Ceramah, dimana metode ini digunakan untuk menyampaikan materi-materi terkait penggunaan aplikasi canva.

Kedua, metode Demonstrasi. Metode ini digunakan dalam pelaksanaan kegiatan kelas literasi berbasis digital untuk memperagakan atau mempraktekkan pembuatan desain grafis dengan menggunakan aplikasi canva.

Sosialisasi literasi berbasis digital yang dilakukan ini dapat dilaksanakan dengan
baik serta sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan. Walaupun kegiatan ini tidak
lepas dari hambatan-hambatan seperti koneksi internet yang kurang stabil dan
sebagian besar masyarakat baru pertama kali menggunakan aplikasi Canva, sehingga harus menjelaskan secara terstruktur dengan perlahan.

Namun masyarakat Desa Cicukang dapat menerima apa yang sudah dijelaskan dan dapat mempraktikkannya. Dengan kegiatan ini diharapkan Masyarakat desa cicukang dapat mengimplementasikan apa yang telah disosialisasikan untuk dimanfaatkan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Berikut nama-nama mahasiswa dalam kegiatan ini: FADLI YAZID (PBI 7), IKRAM JAMIL (PBI 7), RISMA WARDAYANI (PBI 7), MUHAMAD NURSALAM DIMYATI (PGSD 7), ELFA ALDINA MAULIDA (PGSD 7), PUPUT PUSPITASARI (PGSD 7), AI ROBIATUL ADAWIYAH (PGSD 7), SILVIA ANGGRAENI (PGSD 7), FAHMA MAHMUDAH (PGSD 7), HARI ISMAIL (PJKR 7), HASANUDIN (PJKR 7), MUHAMAD HANDIKA FARHANSYAH (PJKR 7), NASRUL ISMAIL (PJKR 7). Mereka adalah mahasiswa Prodi (PBI) Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi (PJKR) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi dan Prodi (PGSD) Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Penulis: Ikram Jamil dan Risma Wardayani

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI