Sukabumi Update

Catatan di Hari Game Indonesia: Sukses Tahu Bulat dan Komunitas Esports

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Game Indonesia tahun ini ditandai dengan game Tahu Bulat buatan Own Games di Bandung yang telah diunduh hingga lebih dari 11 juta kali. Game yang dibuat secara dadakan di Pasar Komik Bandung 5 di Jalan Braga, Bandung, itu meluncur pada 15 Mei 2016. 

Bertema tahu bulat yang populer saat itu, pemainnya diajak bermain simulasi bisnis sederhana. Menurut Eldwin Viriya, Co Founder dan CEO Own Games, pembuatan game Tahu Bulat dikerjakan secara in-house, dari mulai menggambar, pembuatan kode program, hingga penerbitan game. Fokus perusahaan yang dirintis sejak 2013 itu memproduksi game mobile dan web yang dapat dimainkan di smartphone, khususnya berbasis Android.

Own Games kini mengembangkan fokus dari game yang awalnya hyper casual ke jenis hardcore. Eksplorasi lain yaitu ke media lain lewat web comic yang tayang setiap hari dan bisa dibaca secara gratis melalui di situs resmi Own Games. 

“Kami menjelajahi game HTML5 sebagai jalan yang membuka peluang bisnis baru dengan aplikasi super internasional,” katanya lewat keterangan tertulis yang dibagikannya, Senin 9 Agustus 2021, untuk Hari Game Indonesia yang sejak 2016 ditetapkan jatuh setiap 8 Agustus.

Sementara itu, pemain game Ajie Wicaksono, kini 22 tahun, menjadikan hobinya sebagai pekerjaan. Selain itu dia membuat Esportsku.com dan menggunakan Google AdSense. “Membantu saya dan teman-teman secara finansial, terlebih di masa pandemi ini,” katanya.

Pengunjung situs itu meningkat sebagai wadah untuk membangun komunitas esports, memudahkan pemain mencari turnamen, dan mengembangkan game untuk penghasilan.

Situs game itu dirintisnya semasa SMA pada 2015. Ajie sendiri hampir bermain game setiap hari ketika SMP. “Saat itu tentu tidak menghasilkan apa-apa dan malah mengeluarkan uang untuk bermain sampai orang tua selalu memarahi,” katanya.

Kini dia telah membalik keadaan itu dan mendukung komunitas esport dari pemain hingga penulis kontennya. Ajie juga menyisihkan sebagian pendapatannya untuk aksi soalnya dan berbagi makanan di jalan. Dia menjadi bagian lain dari cerita manis Hari Game Indonesia tahun ini.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI