Sukabumi Update

Wow! 52 Juta Penduduk Indonesia adalah Pemain Game, Terbanyak di Asia Tenggara

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia menjadi pasar industri game terbesar di Asia Tenggara. Betapa tidak, sebanyak 52 juta penduduknya merupakan pemain game atau gamers. 

Hal ini diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika atau Kominfo, Johnny G. Plate melalui siaran pers, Minggu (21/11/2021). "Terdapat 52 juta penduduk Indonesia yang merupakan gamer," ungkap Plate mengutip Suara.com.

Baca Juga :

Dengan jumlah gamers tersebut menjadikan Indonesia menjadi pasar industri game terbesar di Asia Tenggara dan menduduki peringkat ke-17 di dunia. Akan tetapi, Plate menyebut baru 0,4 persen industri lokal yang berkecimpung di pasar game Indonesia pada 2020.

Untuk itulah, penyelenggaraan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021 bisa membangkitkan optimisme pengembang dan perusahaan hame dalam negeri agar lebih berkembang.

"Saya berharap pengembang gim dan perusahaan pengembang gim yang dimiliki anak bangsa dapat berkembang dan bersaing dengan pelaku industri gim secara global," ungkapnya.

IDGX sendiri pertama kali diselenggarakan pada 2019. Sejak itu, IDGX bisa menjadi wadah bertemunya pelaku industri game lokal dan sarana peningkatan kualitas SDM industri game dalam negeri.

photoIlustrasi gamers - (DrMedYourRasenn)</span

Sejak 2019, katanya, 66,1 persen peserta IDGX merupakan kalangan profesional. Sementara peserta terbanyak kedua berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa dengan persentase 16,1 persen.

Ia menilai, pencapaian itu menunjukkan bahwa target peserta sudah sesuai dengan yang diharapkan, yakni memfasilitasi pengembang game profesional dan pelajar agar dapat meningkatkan kemampuan serta memperluas jejaring. "Ini mencerminkan tidak saja antusiasme peserta tapi sekaligus sukses dengan penyelenggaraan IGDX," tuturnya.

Baca Juga :

Melalui kegiatan IGDX 2021 yang mencakup IGDX Academy, IGDX Business, IGDX Career, dan IGDX Conference, Menteri Johnny mengharapkan bisa membangkitkan optimisme pengembang dan perusahaan game dalam negeri agar bisa lebih berkembang.

"Saya berharap pengembang gim dan perusahaan pengembang gim yang dimiliki anak bangsa dapat berkembang dan bersaing dengan pelaku industri gim secara global," jelas Plate.

Dalam IDGX virtual tahun ini sebanyak 40 peserta pameran menyajikan produk game lokal. Sebanyak 10 peserta di antaranya merupakan partner dari universitas dan perusahaan gim luar negeri. Pada hari pertama dibuka, tercatat sebanyak 1.124 peserta hadir dalam platform virtual IGDX 2021.

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI