Sukabumi Update

5 Games Android untuk Mengasah Otak Anak yang Tak Suka Matematika

SUKABUMIUPDATE.com - Di zaman teknologi ini, games android sudah banyak menyediakan permainan mengasah otak, yang mana permainan itu dapat diterapkan pada anak yang tidak menyukai pelajaran matematika.

Mengutip dari Oxford Learning, salah satu faktor penyebab anak membenci matematika adalah karena mereka menganggap berpikir itu sesuatu hal yang membosankan. 

Mereka melihat matematika sebagai angka abstrak dan sulit untuk dipahami. Karena itu perlu langkah inovatif agar angka-angka tersebut terlihat menarik. 

Salah satunya yaitu mengubah angka-angka rumit tersebut melalui permainan menyenangkan yang bisa dimainkan oleh anak di ponsel android mereka. 

Dihimpun Tempo dari JournalDev dan Firstery Parenting, berikut lima rekomendasi games android terbaik yang bisa mengasah kemampuan otak anak: 

Baca Juga :

1. Lumosity 

photoIlustrasi Lumosity - (via: google play)</span

Dalam permainan Lumosity, sebagian besar berupa puzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir pada otak.

Selain itu, permainan ini akan menawarkan tips dan trik untuk mengasah keterampilan, akurasi, dan kecepatan berhitung. Terdapat beberapa level dalam permainan ini, tentunya disesuaikan dengan kemampuan anak. Mulai dari mode latihan, medium, hingga ke level akhir. 

2. Elevate 

photoIlustrasi Elevate - (via: google play)</span

Di dunia permainan digital, Elevate adalah permainan yang berfokus pada keterampilan otak dan memori. 

Ini juga akan membantu kemampuan anak dalam memecahkan masalah matematika secara sederhana. Setiap tugas atau level permainan, memiliki tujuan yang harus dicapai oleh pengguna. 

Uniknya, orang tua dapat memantau perkembangan anak dalam laporan mingguan atau bulanan. 

3. Word Hunt 

photoIlustrasi Word Hunt - (via: google play)</span

Sederhananya, permainan ini berupa kartu-kartu yang disertai gambar dan harus dicocokkan dengan kata yang sesuai yang menggambarkannya. 

Misalnya, sebuah kartu memiliki gambar ikan. Di sini, anak harus memilih gambar yang terkait dengan kata ikan, misalnya, air. 

Game ini sangat bagus untuk anak-anak berusia sekitar lima tahun yang masih belajar kata-kata baru. Ini mengajarkan mereka untuk mengingat nama dan juga mengidentifikasi kata-kata yang terkait dengan objek. 

4. Sudoku 

photoIlustrasi Sudoku - (via: google play)</span

Sudoku merupakan permainan terpopuler untuk meningkatkan fungsi otak pada anak maupun orang tua. 

Ini melibatkan kisi-kisi dengan beberapa angka di dalamnya dan terdapat kisi yang kosong. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengisi semua nomor yang hilang. 

Fitur penting dari permainan ini adalah bahwa anak dilatih untuk berpikir 3 - 4 langkah ke depan. 

5. Math Puzzles 

photoIlustrasi Math Puzzles - (via: google play)</span

Seperti namanya, game android ini menawarkan permasalahan matematika untuk diselesaikan guna meningkatkan kemampuan otak untuk anak. 

Telah disebutkan bahwa kebanyakan anak-anak tidak suka matematika, namun dengan memainkan permainan ini anak-anak akan berminat kembali dalam pelajaran matematika. 

Anak dapat menyelesaikan teka-teki dalam tiga cara yang berbeda.

source: tempo.co

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI