Sukabumi Update

Sumber Karbohidrat, Inilah 4 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

SUKABUMIUPDATE.com - Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang dapat menggantikan nasi. Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa saja manfaat jagung untuk kesehatan kulit?

photoIlustrasi Jagung - (Freepik)</span

Dikutip oleh tempo.co dari thehealthsite, jagung mengandung vitamin C, thiamin niacin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Secara spesifik, berikut adalah empat manfaat jagung terutama bagi kesehatan kulit dan rambut..

Baca Juga :

1. Mencegah Kulit Rusak

Jagung kaya akan vitamin C dan likopen yang membantu mencegah kulit rusak dari zat-zat radikal bebas di udara. 

Selain itu, jagung juga baik untuk menjaga elastisitas kulit dan meningkatkan produksi kolagen demi menjaga kelembutan kulit.

2. Mencegah Ruam Kulit

Kandungan antioksidan juga dapat ditemukan pada jagung yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan kulit di siang hari. 

Bahkan, dalam beberapa produk kosmetik, tepung jagung juga dimanfaatkan sebagai bahan penghilang ruam kulit setelah pengaplikasian riasan. 

3. Memperkuat Folikel Rambut

Konsumsi jagung secara rutin dan berkelanjutan juga bermanfaat untuk menjaga kehalusan rambut. Selain itu, kandungan minyak dalam jagung juga berguna untuk menambah kilau pada rambut Anda.

4. Mengatasi Rambut Rontok dan Kering

Minyak jagung juga kaya akan asam lemak dan vitamin E yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan kerusakan sel rambut. 

Kandungan dalam jagung bekerja dengan menjebak radikal bebas dan menyerap kalsium sehingga mampu mengatasi kekeringan, kerontokan, dan penuaan dini pada rambut. 

Untuk penggunaannya, Anda cukup memeras dan mengeluarkan minyak jagung kemudian memanaskannya dengan api kecil.

Setelah itu, Anda dapat mengaplikasikannya ke rambut dan membilasnya dengan shampo ringan. Manfaat dan kelebihan jagung inilah yang disebut oleh cloversisters.com sebagai tanaman sejuta manfaat.

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO | ACHMAD HANIF IMADUDDIN

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI