Sukabumi Update

6  Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih Serum Retinol, Cegah Kulit Iritasi

6  Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih Serum Retinol, Cegah Kulit Iritasi (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Kandungan retinol pada produk perawatan wajah selama ini diketahui memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit

Bagi yang belum mengetahui, retinol merupakan bahan aktif turunan vitamin A. Bahan ini berfungsi untuk mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, sampai mencegah penuaan.

Retinol bekerja dengan cara merangsang produksi kolagen. Ini akan mempercepat proses regenerasi kulit sehingga kulit bisa tetap halus, cerah, dan kencang.

Baca Juga: Kata Warga Soal Progres Pembangunan Jembatan Baru Pamuruyan di Cibadak Sukabumi

Namun untuk memilih serum retinol, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Pasalnya, produk satu ini ditemukan dapat mengakibatkan iritasi karena kondisi tertentu.

Cara Memilih Serum Retinol untuk Pemula

Dilansir dari laman mind body green via Suara.com, berikut tips memilih serum retinol untuk meminimalisir iritasi dan cocok untuk pemula.

Baca Juga: ISIS Ledakkan Bom di Gereja Kongo, Mayat Anak-anak Tergeletak di Tanah

1. Sesuaikan Retinol dengan Jenis Kulit

Retinoid memang membantu membuka pori-pori yang tersumbat penyebab jerawat. Namun, beberapa jenis retinoid dari resep dokter seperti tretinoin atau tazorac bisa bekerja lebih baik.

Produk retinol encapsulated lebih disarankan untuk pemilik kulit sensitif karena mereka melepaskan retinol lebih lambat sehingga tidak mengenai kulit langsung. 

Selain itu, beberapa formula di dalam retinol seperti gliserin, squalane, ceramides, dan asam hialuronat juga bisa bermanfaat untuk kulit sensitif.

Baca Juga: Pemotor Tewas Setelah Tabrak Truk Tronton di Cibitung Sukabumi

2. Mulai dengan Konsentrasi Rendah

Cara memilih serum retinol selanjutnya adalah mulailah dari retinol berkonsentrasi rendah. Retinol hadir dalam berbagai kekuatan, mulai dari 0,25%, 0,3%, 0,5%, dan 1%. 

Pada beberapa produk yang tidak mencantumkan kekuatan retinol, umumnya berkonsentrasi di bawah 0,25%.

3. Jangan Gunakan Langsung ke Seluruh Wajah

Berikutnya, jangan gunakan retinol langsung ke seluruh wajah. Cukup oleskan serum retinol di bagian dagu, pipi, hidung, atau bagian yang terlihat kusam.

4. Tak Perlu Digunakan Setiap Hari

Retinol juga sebaiknya tidak dipakai setiap hari, cukup dua kali setiap minggu, terutama jika kamu termasuk pemula. Jika tidak terjadi masalah pada kulit kamu, tingkatkan konsentrasi retinol yang digunakan.

5. Kombinasikan dengan Pelembap

Pelembap dengan kandungan asam hialuronat dipercaya dapat mengurangi risiko iritasi dari retinol. Gunakan pelembap setelah serum retinol meresap dalam kulit.

Sebaliknya, hindari penggunaan eksfoliator kimia di hari yang sama dengan retinol kamu. Pencampuran bahan kimia secara berlebihan akan meningkatkan risiko iritasi kulit wajah.

6. Penggunaan Eksfoliator

Sebagai gantinya, gunakan eksfoliator di malam hari sebelum retinol digunakan. Ini akan membantu kinerja retinol lebih efektif. 

Jika kulit wajah kamu sudah terbiasa dengan serum retinol yang digunakan, selain meningkatkan konsentrasi retinol itu sendiri, kamu juga bisa menambahkan jumlah penggunaan menjadi dua hari sekali.

Itu beberapa cara memilih serum retinol yang perlu diperhatikan. Meski bersifat mencerahkan, serum retinol tidak bisa menggantikan peran sunscreen untuk menghindari paparan sinar matahari. Jadi, jangan lupa untuk tetap menggunakannya.

Sumber: Suara.com (Hillary Sekar Pawestri)

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT