TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Punya Permasalahan Jerawat di Dada? Begini 6 Cara Menghilangkannya

Ilustrasi Punya Permasalahan Jerawat di Dada? Begini 6 Cara Menghilangkannya (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Selain pada wajah, punggung, dan pantat, Jerawat juga dapat tumbuh pada bagian dada lho.

Seperti diketahui, Jerawat merupakan permasalahan kulit yang umum dialami oleh siapa saja. Namun, permasalahan tersebut tak jarang menimbulkan rasa insecure untuk sebagian orang. 

Bahkan menurut sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa memiliki jerawat dapat menjadi pengalaman emosional yang traumatis dan dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. 

Baca Juga: Jadwal Tayang Preman Pensiun 8, Simak Info Terbarunya Langsung dari Sang Sutradara

"Jerawat dada mirip dengan jerawat wajah karena disebabkan oleh pori-pori tersumbat yang dikombinasikan dengan bakteri di kulit yang menyebabkan peradangan," kata dokter kulit, Jeremy Fenton seperti melansir dari Tempo.co.

Namun, dibandingkan dengan jerawat wajah, ada beberapa hal yang membedakannya, terutama fakta bahwa jerawat dada dan punggung dapat lebih mudah diperparah oleh keringat dan panas yang berlebihan karena pakaian dapat menyumbat kulit lebih jauh dan menyebabkan iritasi dan gesekan.

Terlebih lagi, jerawat di wajah dan dada dapat dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon. "Memiliki terlalu banyak androgen, atau hormon laki-laki, pada seorang wanita dapat memicu timbulnya jerawat di tubuh".

Baca Juga: Kasus Keracunan yang Tewaskan Ibu dan 2 Anak Dipastikan Pembunuhan Berencana

Dokter kulit Kim Nichols menambahkan jerawat dada paling sering terjadi pada pria selama pubertas dan mempengaruhi wanita selama fase siklus menstruasi, kehamilan, dan menopause. Bentuk jerawat hormonal ini juga lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

"Sangat jarang jerawat dada menjadi indikasi masalah hormonal pada pria (kecuali mereka mengkonsumsi semacam suplemen atau steroid anabolik)," catat Fenton.

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT