Sukabumi Update

7 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat yang Bikin Gak PD, Yuk Simak!

Ilustrasi. Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat yang Bikin Gak PD (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Bekas jerawat cenderung mengganggu penampilan, terutama ketika terpampang nyata di bagian wajah. Apalagi bekas jerawat hitam yang membuat semakin tidak Percaya Diri (PD). 

Gak PD punya bekas jerawat hitam membuat gusar dan enggan bepergian kemana pun. Akhirnya ajakan kerabat pun ditolak mentah-mentah karena titik hitam bekas jerawat di wajah ini.

Pasalnya, jerawat bisa dialami tanpa pandang bulu, baik wanita atau pria hingga remaja maupun dewasa. 

Baca Juga: Tampil Lebih PD Tanpa Perut Buncit, Ini 4 Tips untuk Mengecilkan Lemak Tubuh

Maka, menjadi penting mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat hitam di area wajah. Berikut 7 cara alami menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami, seperti dikutip via Tempo.co!

1. Lidah Buaya

Lidah buaya menghasilkan gel yang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka, menghilangkan bakteri, dan pengobatan berbagai masalah kulit termasuk masalah bekas jerawat hitam.

Selain itu, lidah buaya mengandung tretinoin yang fungsinya untuk menyembuhkan jerawat serta mengandung vitamin A. Cara penggunaanya cukup mudah yaitu oleskan daging lidah buaya ke bekas jerawat dan diamkan selama 15-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Madu

Tidak hanya untuk diminum, madu juga bisa diandalkan menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami. Madu mengandung banyak antioksidan yang bisa membantu untuk membersihkan pori-pori tersumbat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan madu ke pipi yang ada bekasnya atau campurkan madu dengan masker wajah.

3. Irisan Lemon

Cara lainnya menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi adalah dengan menggunakan irisan lemon. Irisan lemon mengandung vitamin c dan antioksidan yang bermanfaat untuk mencerahkan bekas jerawat.

Baca Juga: Kenapa Namanya Sukabumi? Sebelum Like Earth Kekinian, Ini Cerita Historis Kota Mochi!

4. Minyak Kelapa

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa ketika berpadu dengan asam retinoid dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, minyak kelapa juga mengandung capric, caproic, dan caprylic medium-chain fatty acids yang bisa melawan bakteri penyebab jerawat. Namun ingat, hal ini hanya akan efektif apabila minyak kelapa diaplikasikan langsung untuk wajah.

5. Biji Anggur

Rekomendasi kelima adalah dengan menggunakan ekstrak biji anggur. Ekstrak biji anggur mengandung vitamin E yang mampu untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Meski belum ada penelitian yang mengkonfirmasi hal ini, hati-hatisaat mencobanya.

6. Teh Hijau

Teh hijau diperkaya dengan antioksidan yang bisa memudarkan bekas jerawat hitam. Selain itu, teh hijau juga mampu mengurangi peradangan dan mengurangi minyak berlebih. Sama seperti cara-cara di atas, ekstrak teh hijau bisa langsung Anda oleskan ke dahi atau pipi kemudian bilas.

Baca Juga: 7 Perbedaan Matcha vs Green Tea, Rasa Pahit hingga Kandungan Kafeinnya

7. Kentang

Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan kesukaan banyak orang, ternyata kentang bahan alami untuk memudarkan jerawat menghitam.

Kentang ini cukup mudah untuk digunakan sebagai penghilang bekas jerawat. Yaitu iris tipis kentang dan tempelkan di bekas jerawat, diamkan selama 10-25 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Sumber: Tempo.co | Dwi Lucy Susetiowati | BERBAGAI SUMBER

Editor : Nida Salma Mardiyyah

Tags :
BERITA TERKAIT