Sukabumi Update

7 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah dan Cara Membuatnya yang Simple

7 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah dan Cara Membuatnya yang Simple (Sumber : Freepik/wayhomestudio)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian perempuan pasti sudah tahu jika masker kopi memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit wajah.

Tak hanya untuk perempuan, masker kopi ini juga bisa digunakan untuk laki-laki yang ingin glowing dengan cara alami.

Selain itu, dalam masker kopi juga terdapat nutrisi dan vitamin yang akan menyerap kedalam kulit sehingga mampu membersihkan poti-poti, mengangkat sel kulit mati, serta melembutkan kulit wajah.

Baca Juga: 7 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat yang Bikin Gak PD, Yuk Simak!

Untuk lebih jelasnya, inilah tujuh manfaat masker kopi untuk perawatan kulit wajah yang penting disimak oleh perempuan maupun laki-laki seperti melansir dari berbagai sumber.

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Melansir dari Suara.com, menggunakan kopi secara teratur bisa membantu memerangi masalah dari bakteri berbahaya.

Asam klorogenat dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, dikombinasikan dengan pengelupasan alami bubuk kopi dipercaya dapat mengatasi permasalahn jerawat.

2. Dapat Mengurangi Lingkaran Hitam pada Area Mata

Menurut Beverly Hills MD Cosmeceuticals, kopi juga bisa membantu mengobati lingkaran hitam yang membandel di bawah mata. 

Hal tersebut karena kandungan kafein dalam kopi yang membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi terhadap lingkaran hitam alias mata panda.

3. Mencegah Penuaan Dini

Mengaplikasikan kopi langsung pada kulit wajah dapat membantu mengurangi munculnya bintik matahari, kemerahan, dan garis-garis halus. 

Faktanya, sebuah studi menemukan korelasi langsung antara kopi dan penurunan efek photoaging lho.

4. Dapat Membuat Wajah Terlihat Awet Muda

Melansir dari alodokter.com, kopi diketahui mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas. 

Seperti diketahui,  jika kulit wajah terpapar radikal bebas berlebihan, tanda penuaan pun akan lebih cepat muncul.

Selain itu, antioksidan juga mampu mencegah penurunan kadar kolagen dan meningkatkan produksi elastin, sehingga kulit tetap terasa kencang. 

5. Dapat Menenangkan Kulit Wajah

Manfaat kandungan antioksidan dari masker kopi dipercaya dapat menenangkan kulit wajah sehingga bisa mengatasi iritasi pada kulit akibat paparan sinar matahari atau penggunaan produk tertentu.

6. Dapat Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Manfaat masker kopi selanjutnya yaitu dapat mengangkat sel kulit mati. Selain itu, butiran bubuk kopi juga dapat mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori serta menstimulasi sirkulasi darah di bawah kulit.

7. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Masih mengutip dari alodokter.com, sebuah studi menunjukkan jika ekstrak bubuk kopi bisa melindungi kulit dari kerusakan, terutama yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. 

Meski demikian, kamu tetap dianjurkan untuk menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan agar kulit tetap terlindungi.

Nah itulah tujuh manfaat masker kopi untuk perawatan kulit wajah. Jika kamu penasaran bagaimana cara membuat masker dari kopi, simak caranya dibawah ini:

  • Campurkan minyak zaitun dan bubuk kopi dengan perbandingan sama.
  • Oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar.
  • Biarkan masker selama 15 hingga 60 menit.
  • Bilas dengan air hangat, ulangi hingga tiga kali per minggu.

Sumber: Suara.com

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT