Sukabumi Update

Kenapa Pria Harus Pakai Skincare? Simak Alasannya Disini

Kenapa Pria Harus Pakai Skincare? Simak Alasannya Disini (Sumber : Freepik/wayhomestudio)

SUKABUMIUPDATE.com - Kaum pria mungkin sering kali merasa malas menggunakan skincare, karena banyaknya tahapan yang harus dilakukan, atau, mungkin juga merasa jika kulit wajahnya tidak memiliki masalah.

Padahal faktanya pemakaian skincare untuk kaum pria juga tidak kalah penting dari perawatan kulit wanita. 

Meskipun anatomi, kulit pria memang lebih banyak mengandung kolagen dan elastin. Sehingga kulitnya nampak lebih tebal dan tanda penuaan di kulit lebih lambat terjadi namun ada beberapa faktor yang bisa merusak skin barier.

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Cokelat untuk Kulit Wajah, Bisa Mencerahkan Lho!

Diantaranya seperti gaya hidupnya yang tidak sehat juga, seperti kebiasaan merokok, begadang, pola makan tidak sehat, hingga paparan polusi udara.

Faktor itulah yang mewajibkan pria menggunakan skinker atau melakukan perawatan kulit agar skin barier tidak rusak.

Ilustrasi memakai skincare - Cowok Harus Tahu! Inilah 5 Urutan Pemakaian Skincare yang Benar. |Ilustrasi pria memakai skincare 

Melansir dari Suara.com, seorang Ahli kesehatan kulit Chris Salgardo menjelaskan bahwa menggunakan skincare secara rutin bisa membuat kondisi kulit jadi lebih baik, segar, dan muda lebih lama, serta dapat menangkal kerusakan akibat paparan sinar matahari.

"Banyak pria berkata, 'Oh, saya tidak punya waktu. Saya benar-benar tidak membutuhkannya.' Sebenarnya Anda sangat membutuhkan itu tapi tidak disadari," kata Chris kepada Business Insider.

Selain mencuci wajah setiap selesai berkegiatan, skincare lain yang wajib digunakan pria yaitu tabir surya atau sunscreen.

"Salah satu cara paling murah untuk menjaga kulit Anda terlihat terbaik untuk waktu yang lama adalah dengan menggunakan tabir surya," kata Chris.

Sunscreen melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti kerutan, flek, hingga kulit terbakar.

Selain itu, juga ada baiknya menggunakan pelembab sebagai landasan lain untuk perawatan kulit pria. Seiring waktu, pelembab bisa mengurangi munculnya kerutan dan garis halus. 

Juga akan membuat kulit terasa lebih kenyal dan sehat, dan mengurangi sensasi kulit ‘tertarik’  setelah mencuci muka di pagi hari.

Namun, Chris mengingatkan jangan gunakan pelembab untuk untuk area mata. Karena area mata lebih tipis, sehingga diperlukan formula pelembab yang lebih spesifik untuk bagian tersebut. Bila memang ingin, bisa juga gunakan pelembab dua jenis.

Pernyataan tidak memiliki waktu untuk memakai skincare, menurut Chris, itu hanya alasan klise.

"Kenyataannya tidak rumit. Seharusnya tidak menakutkan. Kamu bisa menyelesaikannya dengan cepat. Karena Kita semua hidup lebih lama, terlihat yang terbaik di setiap usia tak ada salahnya," pungkasnya.

Sumber: Suara.com

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT