Sukabumi Update

Sunscreen Bisa Bikin Kulit Kering? Ini Kata Dokter Tentang Tabir Surya

Ilustrasi. Memakai Tabir Surya | Sunscreen Bisa Bikin Kulit Kering (Sumber : pixabay.com/SamWilliams)

SUKABUMIUPDATE.com - Tabir surya lebih dikenal dengan sebutan sunscreen. Pelindung kulit dari sinar matahari ini kerap dipakai terutama ketika berada di pantai atau saat cuaca terik.

Padahal, Sunscreen ini tak hanya digunakan ketika terik saja, Updaters! Sunscreen atau tabir surya sebaiknya rutin digunakan dengan atau tanpa terpapar sinar matahari.

Meskipun Sunscreen melindungi kulit dari paparan sinar matahari, namun sebagian masyarakat tetap meragukan manfaat tabir surya ini. Pasalnya, khawatir akan kulit kering seakan menghantui.

Baca Juga: Misteri Kuntilanak, Peneliti Jerman dan Indonesia Bongkar Asal Usul Mbak Kunti

Dilansir dari Real Simple via Tempo.co, sunscreen memiliki banyak fungsi, termasuk sebagai pelindung sekaligus anti-penuaan. Tetapi pada dasarnya tidak menghidrasi seperti pelembab. 

Faktanya, kemungkinan Sunscreen atau tabir surya dapat membuat kulit lebih kering, menurut Rebecca Marcus, Dokter Kulit bersertifikat dan pendiri Maei MD. 

Hal ini karena sunscreen atau tabir surya biasanya mengandung zinc oksida dalam formulanya, yang secara aktif melawan dan melindungi dari luka bakar UVA dan UVB.

Namun, bahan  ini juga bersifat astringen, artinya menghalangi sekresi tubuh seperti keringat dan sebum. 

Selain itu, fakta bahwa titanium dioksida dan zinc oksida memiliki tekstur putih seperti kapur, yang tidak membuat kulit kering terlihat.

Baca Juga: Kenapa Kuntilanak Tertawa? Misteri Mbak Kunti dalam Cerita Hantu Urban Legend

Tapi bukan berarti orang yang memiliki kulit kering tidak dianjurkan pakai tabir surya. Setiap orang harus memakai SPF sepanjang tahun, apa pun jenis kulitnya. 

Dengan begitu banyak merek dan formulasi di pasaran, semakin mudah menemukan Sunscreen yang cocok dengan pori-pori kering

“Penting untuk mencari formula yang menghidrasi,” kata Marcus, dikutip Kamis (23/2/2023).

“Pilih salah satu yang mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat, ceramide, gliserin, niacinamide, dan minyak tumbuhan, karena ini akan membantu mencegah kekeringan akibat tabir surya.” tuturnya.

Selain memilih Sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit, pemilik kulit kering bisa mengaplikasikan pelemba tebal sebelum aplikasi sun protection factor atau SPF. Zinc oksida bekerja di atas kulit untuk menyebarkan dan membelokkan sinar UV.

Kesimpulannya, pelembab tidak akan membuat SPF menjadi kurang efektif, Ingatlah, menerapkan Sunscreen sebaiknya terakhir dalam rutinitas perawatan kulit sebelum memakai makeup. 

Baca Juga: Daftar Top 50 Deep-Fried Dessert in The World, Pisang Goreng Indonesia Juara!

Terakhir, selalu memiliki pilihan untuk beralih ke tabir surya kimiawi, yang sama sekali tidak mengandung zat zinc oksida. 

Hanya perlu diingat bahwa beberapa bahan kimia dalam tabir surya kimia lebih cenderung menyebabkan iritasi kulit. 

Jadi tetap gunakan clean formula ya! Pastikan juga untuk melakukan uji tempel sebelum mengolesi formula asing di seluruh wajah.

SUMBER: TEMPO.CO | YAHOO LIFE | REAL SIMPLE

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT