Sukabumi Update

Perbedaan Lipstik Matte, Satin dan Glossy, Bisa Buat Bibir Kering?

Ilustrasi. Perbedaan Lipstik Matte, Satin dan Glossy, Wanita Wajib Tahu (Sumber : Freepik/@Racool_studio)

SUKABUMIUPDATE.com - Kaum wanita wajib mengetahui perbedaan antara lipstik matte, satin dan glossy. Ini bermanfaat agar mudah menentukan make up apa yang cocok untuk digunakan. 

Ya, tampil cantik dan menawan juga ditunjang dengan pemilihan lipstik. Apalagi di zaman sekarang, sebagaimana dikutip via poptren.suara.com, jenis lipstick semakin beragam.

Jenis lipstick bisa berpengaruh dengan jenis bibir. Maka alangkah baiknya tidak memilih jenis lipstick dengan sembarangan, namun disesuaikan dengan kebutuhan. Yuk, kenali jenis lipstick mulai dari Matte, Glossy dan Satin!

Lipstik Matte

Sebagian besar perempuan menjadikan lipstick matte sebagai lipstik favorit mereka karena dinilai memiliki pigmentasi yang bagus. Keunggulan dari lipstik matte biasanya akan tahan lama di bibir. 

Baca Juga: Mengenal Sindrom Munchausen: Suka Pura-pura Sakit Termasuk Gangguan Psikologis?

Lipstik matte juga tidak menghasilkan warna yang berkilau. Zaman sekarang banyak lipstik matte yang berbentuk liquid. Sehingga sangat mudah mengaplikasikannya.

Lipstik matte sangat cocok digunakan untuk bibir yang tebal, dan juga lebar. Bagi pemilik bibir kering jenis lipstik matte ini tidak terlalu cocok karena tekstur lipstiknya bisa membuat jelas garis-garis bibir dan membuat bibir terlihat semakin kering.

Lipstik Glossy

Hasil akhir dari lipstick glossy akan membuat bibir terlihat sehat karena lipstik ini memberikan efek kemilau di bibir. Lipstik glossy dapat membuat penampilan lebih fresh dan terlihat lebih muda. 

Selain itu, jenis lipstik ini tidak meninggalkan hasil kering di bibir. Biasanya lipstik glossy mengandung minyak atau pelembap. Sehingga ringan dipakai di bibir. 

Lipstik glossy ini sangat mudah menempel sehingga ketahanannya tidak akan selama lipstik matte.

Lipstik Satin

Jenis lipstik satin hampir serupa dengan lipstik matte. Lipstik satin memiliki hasil semi-matte.

Baca Juga: 7 Tren Makeup Pernikahan 2023 dari MUA Populer, Cantik dan Glowing!

Lipstik satin memiliki tekstur yang creamy, sehingga saat dipakai di bibir akan terasa lembut. Lipstik satin ini memberikan efek kilauan di bibir, seperti lipstik glossy namun tidak tahan lama. 

Selain itu, lipstick jenis ini memiliki tekstur yang lembab, tetapi tidak memberikan hasil full coverage.

Sumber: poptren.suara.com

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT