Sukabumi Update

8 Cara Mengatasi Kulit Berminyak, Hapus Makeup Sebelum Tidur Ya!

Ilustrasi. Cara Mengatasi Kulit Berminyak, Hapus Makeup Sebelum Tidur Ya! (Sumber : Freepik/@freepic)

SUKABUMIUPDATE.com - Kulit berminyak menjadi salah satu masalah yang kerap dikeluhkan, baik perempuan maupun laki-laki. Perawatan kulit berminyak juga sedikit lebih rumit karena rentan komedo dan jerawat. 

Namun, dengan sedikit perubahan pola makan dan gaya hidup serta rutinitas perawatan kulit, kulit berminyak ini juga bisa diatasi.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Ahli gizi di India, Anjali Mukerjee, berbagi tips tentang cara mengatasi kulit berminyak yang dilakukan melalui perubahan gaya hidup dan pola makan.

"Jangan biarkan kulit berminyak membuat Anda kecewa, dengan sedikit usaha dan produk yang tepat, Anda dapat menjaga kulit tetap terlihat terbaik," kata Mukerjee, dikutip dari Hindustan Times, dikutip via Tempo.co, Jumat (30/6/2023).

Baca Juga: Kampung Ketupat Sukabumi Viral, Sejarah: Kupat Jadi Simbol Permintaan Maaf

1. Kurangi makanan berminyak

Langkah pertama untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan mengurangi asupan makanan berminyak, seperti gorengan, mentega, dan keju. 

2. Cukupi asupan vitamin B2

Kekurangan vitamin B2 ternyata juga bisa menyebabkan kulit berminyak. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi lebih banyak bayam dan buncis dapat membantu mengatasi kekurangan tersebut. 

3. Suplemen vitamin B kompleks dan zinc

Mengkonsumsi suplemen vitamin B kompleks dengan zinc juga membantu menjaga kesehatan kulit. Kekurangan zinc diketahui menyebabkan jerawat dan kulit berminyak. 

4. Cukup minum

Minum setidaknya 8-10 gelas air putih setiap hari membantu menghidrasi dan mendetoksifikasi tubuh. 

5. Hapus Makeup sebelum tidur 

Kulit perlu bernapas saat tidur, jadi jangan lupa menghapus riasan sebelum tidur. Kulit yang bersih juga membantu proses regenerasi kulit jadi lebih baik. 

6. Gunakan masker lumpur

Mud pack atau masker lumpur adalah acara yang sangat baik untuk mengatasi kulit berminyak. Gunakan masker ini setidaknya seminggu sekali

7. Semprotkan air lavender

Menyemprotkan air lavender ke wajah membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. 

8. Batasi konsumsi makanan non-vegetarian

Makanan non-vegetarian memiliki kandungan lemak yang tinggi dan seringkali sulit dicerna sehingga menimbulkan kulit berminyak. Jadi, batasi konsumsi makanan non-vegetarian, ya Updaters!

Sumber: Tempo.co

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT