Sukabumi Update

8 Jenis Toner Beserta Fungsinya Biar Tidak Salah Pilih Agar Wajah Menjadi Sehat

8 Jenis Toner Beserta Fungsinya Biar Tidak Salah Pilih Agar Wajah Menjadi Sehat | Sumber: Freepik.com (lookstudio)

SUKABUMIUPDATE.com - Toner merupakan produk perawat kulit yang biasanya digunakan setelah melakukan double cleansing sebelum memakai produk lainnya seperti serum atau pelembab.

Toner memiliki tekstur cair yang memberikan kesan menyejukkan dan menenangkan begitu diaplikasikan pada kulit sehingga banyak orang yang menyukainya. Meski begitu, produk satu ini memiliki beragam variasi untuk disesuaikan dengan jenis kulit.

Tentu saja setiap jenis dari toner memiliki kandungan dan fungsi berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan atau permasalahan kulit.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah, Kamu Salah Satunya?

Biar tidak salah berikut 8 jenis toner beserta fungsinya untuk membuat kulit wajah agar terlihat sehat dan cantik yang dirangkum dari berbagai sumber.

8 Jenis Toner Beserta Fungsinya

1. Toner Penyegar (Refreshing Toner)

Produk perawatan kulit jenis ini digunakan untuk menghilangkan sisa kotoran atau residu makeup setelah membersihkan wajah. Toner penyegar biasanya mengandung bahan-bahan seperti air mawar atau ekstrak aloe vera untuk memberikan sensasi kesegaran pada kulit.

2. Toner Pembersih (Cleansing Toner)

Toner pembersih mengandung bahan-bahan yang membantu membersihkan wajah dengan mendalam. Berfungsi untuk mengangkat minyak berlebih, debu, dan kotoran, sehingga cocok digunakan kulit berminyak atau berjerawat.

3. Toner Hydrating (Hydrating Toner)

Hydrating toner dirancang untuk memberikan kelembaban tambahan pada kulit. Produk satu ini mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat atau gliserin untuk mengunci kelembaban dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

Baca Juga: 7 Cara Bicara yang Membuatmu Banyak Disukai Orang-orang, Yuk Lakukan

4. Toner Menenangkan (Soothing Toner)

Bagi yang memiliki kulit sensitif atau meradang cocoknya menggunakan Soothing toner, karena mengandung bahan-bahan seperti ekstrak chamomile atau aloe vera yang berfungsi meredakan kemerahan dan iritasi kulit.

5. Toner Eksfoliasi (Exfoliating Toner)

Toner eksfoliasi mengandung bahan-bahan eksfoliasi ringan, seperti asam salisilat atau asam glikolat, yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih cerah. Toner satu ini dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan hiperpigmentasi.

6. Toner Pencerah (Brightening Toner)

Brightening toner berfungsi untuk mencerahkan kulit dan mengurangi kulit gelap, karena mengandung bahan-bahan seperti vitamin C atau niacinamide yang membantu meratakan warna kulit.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Pura-pura Bahagia Demi Menutupi Masalah

7. Toner Anti-Penuaan (Anti-Aging Toner)

Anti-aging toner mengandung bahan seperti peptida atau antioksidan yang bisa dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus, dan elastisitas pada kulit.

8. Toner Astringen (Astringent Toner)

Toner Astringen mungkin terdengar asing tetapi kandungan bahan seperti alkohol atau asam salisilat dapat membantu menyusutkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih pada kulit. Cocok untuk kulit berminyak atau berjerawat, tetapi dapat terlalu mengeringkan bagi kulit kering atau sensitif.

Itulah 8 jenis toner beserta fungsinya untuk membuat kulit agar sehat dan cantik. Ingatlah untuk pilih produk ini disesuaikan dengan jenis kulit dan masalah yang ingin diatasi. Baca kandungan pada label dengan cermat serta teliti.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Orang Munafik, Hidupnya Penuh dengan Kepalsuan

Bila ada keraguan bisa konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli perawatan untuk bisa menyesuaikan toner yang dibutuhkan dan sesuai dengan permasalahannya.

Editor : Octa Haerawati

Tags :
BERITA TERKAIT