Sukabumi Update

5 Dampak Buruk Sering Mengikat Rambut Terlalu Kencang, Bisa Rontok Parah

Dampak Buruk Sering Mengikat Rambut Terlalu Kencang, Bisa Rontok Parah (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengikat rambut sering dilakukan banyak orang ketika merasa gerah saat cuaca panas atau tidak nyaman dengan panjangnya rambut. Ada beberapa gaya ikatan rambut yang sering ditemui seperti ponytail, cepol, hingga dikepang.

Tanpa sadar kita mengikatnya terlalu kencang agar ikatan tidak mudah lepas, padahal tidak boleh karena bisa merusak kesehatan rambut. Jika ikatan terlalu kencang dan dilakukan setiap hari dapat menyebabkan rontok hingga menjadi kerontokan permanen, yang artinya rambut tidak akan tumbuh lagi.

Memang mengikat rambut akan membuat penampilan lebih rapi, tetapi jika dilakukan terlalu kencang akan berdampak pada kesehatan rambut. Maka dari itu, longgarkan ikatan agar rambut tidak tertarik erat dan menjadi penyebab kerontokan.

Baca Juga: 10 Tanda Orang Munafik, Terlihat dari Sikap dan Ucapannya

Berikut beberapa dampak mengikat rambut terlalu kencang yang perlu diketahui, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kerusakan Rambut

Mengikat rambut terlalu kencang dan terlalu sering dapat merusak helai rambut, terutama jika menggunakan aksesori rambut yang keras seperti karet gelang atau penjepit rambut, bisa menyebabkan rambut patah, ujung rambut bercabang, dan kelemahan rambut.

2. Penyakit Kulit Kepala

Mengikat rambut terlalu kencang juga dapat memicu berbagai masalah kulit kepala, seperti ketombe, peradangan kulit kepala, atau rambut rontok pada akar rambut.

3. Rambut Rontok

Jika sering mengikat rambut terlalu kencang bisa menyebabkan rambut rontok karena akar rambut merasa terganggu. Sebab, ada tekanan berulang yang terjadi pada akar rambut mengalami kerontokan.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Stres Karena Tekanan Hidup, Kamu Salah Satunya?

4. Risiko Kepala Nyeri

Mengikat rambut terlalu kencang juga dapat menyebabkan sakit kepala yang cukup berlebihan, karena adanya tekanan kuat pada kulit kepala dan akar rambut.

5. Perubahan Pola Rambut

Jika sering mengikat rambut dalam gaya tertentu dapat menyebabkan perubahan pola rambut, terutama jika posis ikatannya selalu sama.

Itulah beberapa dampak buruk jika sering mengikat rambut terlalu kencang yang perlu diketahui. Untuk menghindarinya dengan merawat rambut sebaik mungkin, memilih aksesoris yang lembut, dan berikan waktu untuk rambut istirahat.

Baca Juga: 10 Ciri Anak yang Depresi, Orang Tua Bisa Perhatikan Sikapnya!

Selain itu, cobalah untuk mengkreasikan gaya rambut agar tekanan pada rambut dan kulit kepala terdistribusi secara merata. Jika merasa khawatir dengan kerusakan rambut lebih baik konsultasi pada seorang profesional dalam perawatan rambut atau seorang dokter.

Editor : Octa Haerawati

Tags :
BERITA TERKAIT