Sukabumi Update

6 Ciri-Ciri Makeup Kadaluarsa, Buang Sebelum Kulit Iritasi!

Ilustrasi. Ciri-Ciri Makeup Kadaluarsa, Buang Sebelum Kulit Iritasi! (Sumber : pixabay.com/@aerngaoey)

SUKABUMIUPDATE.com - Makeup kadaluarsa memiliki ciri-ciri yang menunjukkan bahwa produk tersebut sudah tidak layak digunakan. Makeup kadaluarsa bisa menjadi penyebab iritasi atau infeksi kulit jika masih dipakai.

Makeup yang kadaluarsa tentu sudah tidak aman untuk digunakan, sehingga Updaters lebih baik membuangnya jika menemukan ciri-ciri berikut.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri makeup yang sudah kadaluarsa:

Ciri-Ciri Makeup Kadaluarsa

1. Perubahan Aroma atau Bau yang Tidak Lazim

Makeup yang kadaluarsa memiliki aroma aneh, tidak biasa, atau tercium bau yang sudah tidak sedap.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anak Laki-Laki Broken Home Bersikap Nakal

Ciri berupa aroma atau bau tidak lazim menandakan bahwa produk makeup tersebut sudah kadaluarsa.

2. Perubahan Warna atau Konsistensi

Selanjutnya produk makeup kadaluarsa baik lipstik, eyeshadow, foundation, atau produk lain biasanya mengalami perubahan warna atau tekstur yang tidak sesuai dengan aslinya. Ciri makeup kadaluarsa ini bisa menjadi indikasi bahwa makeup sudah tidak layak digunakan.

3. Muncul Lapisan Atas atau Tanda Kehancuran

Beberapa makeup kadaluarsa, terutama yang berbentuk cair, mungkin mengalami pemisahan atau munculnya lapisan atas. Ciri makeup kadaluarsa ini menandakan bahwa produk yang digunakan sudah tidak stabil.

Baca Juga: 6 Tanda Bipolar Disorder Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

4. Tanggal Kedaluarsa (Expired)

Banyak produk makeup memiliki tanggal kedaluarsa yang tertera di kemasannya. Jika sudah melewati tanggal expired, sebaiknya produk makeup tidak digunakan lagi.

5. Iritasi Kulit atau Reaksi Alergi

Jika Updaters mengalami iritasi, gatal-gatal, kemerahan, atau reaksi alergi setelah menggunakan makeup tertentu, ini bisa menjadi tanda bahwa produk makeup kadaluarsa, sudah tidak baik atau tidak cocok dengan kulit.

6. Penyimpanan yang Tidak Tepat

Penyimpanan produk kecantikan dalam kondisi yang tidak ideal bisa menyebabkan produk makeup kadaluarsa. Misalnya, makeup terpapar panas, kelembaban, atau sinar matahari langsung, dapat mempercepat proses kerusakan produk.

Baca Juga: 6 Tanda Bipolar Disorder Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

Menjaga produk makeup agar tetap bersih dan aman untuk digunakan merupakan hal yang penting.

Jika Updaters menemukan makeup dengan ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya produk tersebut tidak digunakan lagi. Gunakan produk makeup yang masih dalam kondisi baik dan sesuai dengan tanggal kadaluarsa untuk menghindari iritasi atau masalah kulit lain.

Jika ragu tentang keamanan suatu produk kecantikan (makeup), lebih baik untuk membuangnya daripada menggunakan produk yang sudah kadaluarsa.

Sumber: Berbagai Sumber.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT