Sukabumi Update

Cegah Salah Pilih Make Up, 3 Cara Mengetahui Skintone dan Undertone

Ilustrasi perbedaan skintone dua orang wanita. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Mengetahui skintone dan undertone kulit merupakan hal penting agar tidak salah pilih ketika ingin berbelanja make up. Namun, tidak sedikit orang yang belum memahami perbedaan skintone dan undertone.

Skintone adalah warna kulit yang bisa dilihat dengan kasatmata. Ada empat macam warna kulit yakni fair, light, medium, dan dark. Warna ini dikategorikan dari yang paling terang hingga paling gelap.

Skintone dapat berubah seiringnya waktu. Selalu merawat diri, bertambahnya usia, dan terlalu lama terkena paparan sinar matahari, bisa mengubah skintone seseorang.

Baca Juga: 4 Jenis Parfum dan Kegunaannya, Ketahui Sebelum Membeli

Sementara undertone merupakan warna alami di bawah permukaam kulit yang tidak bisa berubah warna. Terdapat tiga sifat dari undertone yakni, cool, warm, dan neutral. Cool memiliki warna seperti kebiruan atau merah muda. Warm memiliki warna lebih hangat seperti keemasan, hijau, dan kuning. Neutral memiliki warna campuran antara cool dan warm yakni warna ungu.

Ada 3 cara untuk mengetahui skintone dan undertone kulit Anda masing-masing:

1. MELIHAT PEMBULUH DARAH

Salah satu cara untuk mengetahui undertone kulit Anda adalah dengan melihat warna dari pembuluh darah. Ketika warna pembuluh darah tampak kebiruan atau keunguan, undertone Anda cool. Jika warna hijau, maka undertone Anda warm. Namun jika tidak tampak jelas warnanya, maka undertone Anda neutral.

Baca Juga: 12 Rangkaian Make Up Flawless ala Korea Bikin Cantik Natural dan Sederhana

2. REAKSI DI BAWAH PAPARAN SINAR MATAHARI

Perhatikan reaksi kulit ketika Anda sedang di bawah paparan sinar matahari langsung. Ketika kulit mudah terbakar, maka dipastikan undertone Anda cool. Namun, jika kulit menggelap dan tidak terbakar, undertone Anda warm. Kulit terbakar dan menggelap, undertone Anda neutral.

3. PERHATIKAN WARNA PAKAIAN

Cara lainnya untuk mengetahui skintone dan undertone kulit yaitu dengan memperhatikan sendiri warna pakaian yang dipakai. Karena dengan menyeleksi atau memperhatikannya dapat mengetahui jenis yang mana Anda.

Perhatikan di lemari, banyak baju berwarna apa. Jika banyak berwarna kuning, cokelat, oranye, maka undertone Anda warm. Jika banyak baju berwarna biru, putih, dan ungu, undertone Anda cool. Untuk yang memiliki undertone neutral cenderung tidak memiliki warna yang dominan, karena jenis undertone ini cocok dengan warna apa pun.

So, ladies, itulah beberapa perbedaan dan cara agar mengetahui skintone dan undertone kulit supaya tidak salah memilih ketika berbelanja make up. Menjaga kesehatan dan merawat kulit agar tetap optimal merupakan kunci penting menjaga kulit.

Penulis: Ullima Iffah Shandana

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT