Sukabumi Update

Jangan Sampai Stres, Lakukan 5 Cara Mudah Ini Agar Terhindar Dari Jerawat

Ilustrasi. Ada beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa dilakukan | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Jerawat sering menjadi masalah umum yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri kita dan kesehatan kulit secara keseluruhan. 

Namun, dengan sedikit perhatian ekstra terhadap perawatan kulit dan kebiasaan yang sehat, kita dapat mengurangi kemunculan jerawat dan mencegahnya secara efektif. 

Jerawat dapat menjadi masalah kulit yang mengganggu bagi banyak orang. Namun, dengan perawatan kulit yang tepat, Anda dapat mencegah atau mengurangi jerawat. 

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Berikut beberapa cara mudah untuk mencegah jerawat, dilansir dari Mayoclinic:

1. Rutin membersihkan wajah

Jangan lupa untuk membersihkan wajah setiap hari, terutama sebelum tidur. Membersihkan wajah dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyebabkan jerawat.

Gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Hindari menyentuh wajah

Tangan mengandung banyak bakteri dan kotoran.

Jangan menyentuh wajah Anda terlalu sering karena hal ini dapat menyebabkan jerawat. Jangan juga memencet jerawat karena hal ini dapat memperburuk kondisi kulit.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Bahagia Karena Orang Tua Baik Hati, Cikal Bakal Sukses!

3. Gunakan produk yang sesuai

Pilihlah produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan menggunakan produk yang terlalu berat atau terlalu kering.

Gunakan juga produk yang tidak mengandung minyak berlebih karena hal ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

4. Konsumsi makanan sehat

Makanan yang sehat dapat membantu menjaga kulit tetap sehat.

Hindari makanan yang berlemak dan terlalu banyak gula karena hal ini dapat memperburuk jerawat. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti buah-buahan dan sayuran.

Baca Juga: 7 Makanan Rendah Purin yang Bisa Dikonsumsi Penderita Asam Urat

5. Hindari stres

Stres dapat memicu produksi hormon yang dapat menyebabkan jerawat. Usahakan untuk menghindari stres dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan rileks, seperti yoga atau meditasi.

Dengan menjaga perawatan kulit yang baik dan pola hidup yang sehat, Anda dapat mencegah atau mengurangi jerawat.

Namun, jika Anda mengalami jerawat yang parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang lebih terarah.

Sumber : Mayoclinic

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT