Sukabumi Update

Ketahui Penyebab Bibir Gelap dan Tips Mencerahkannya

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian orang, khususnya kaum hawa pasti menginginkan warna bibir yang cerah alami tanpa memakai lipstik berlebihan agar membuat penampilan lebih memukau dan lebih pede tampil didepan umum tanpa menggunakan makeup.

Melansir dari suara.com, kamu perlu ingat, tidak semua orang dapat memiliki berwarna merah alami, ada beberapa faktor yang menyebabkan bibir gelap.

photoIlustrasi Bibir - (Unplash.com)</span

Beberapa di antaranya bisa karena faktor genetik, alergi, gaya hidup dan lain sebagainya. Tapi bibir gelap ada pula yang bisa diperbaiki dengan cara-cara alami dan aman lho.

Untuk mengetahui lebih jelas penyebab bibir gelap kemudian tips mencerahkan bibir gelap ke warna cerah alami, yuk simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Baca Juga :

Penyebab bibir gelap

1. Genetik

Untuk pemilik kulit gelap, warna bibir pun bakal mengikuti. Untuk itu, sebenarnya kamu tak perlu ambil pusing. 

Selama bibirmu sehat dan lembap, sebenarnya tak ada masalah yang berarti. Kamu perlu memilih shade lipstik atau lip balm yang sesuai untuk warna bibirmu.

2. Paparan sinar ultraviolet

Bagi beberapa orang perubahan warna bibir ternyata terjadi secara perlahan. Jika kamu mengalaminya, bisa jadi ini karena kamu kurang melindunginya dari paparan sinar UV.

Menggunakan lip balm dengan SPF bisa jadi solusi jitu untuk membantu mengembalikan warna alami bibirmu.

3. Terlalu sering membasahi bibir dengan air ludah

Terlalu sering membasahi bibir dengan air ludah juga ternyata nggak disarankan. Air ludah atau saliva bisa memicu inflamasi yang lama kelamaan mengubah warna bibir

4. Kebiasaan merokok juga bisa mengubah warna bibir jadi lebih gelap

5. Alergi dan melasma bisa juga jadi penyebabnya.

Untuk yang ini kamu perlu konsultasi pada ahlinya ya, agar mendapatkan penanganan yang tapat.

Tips menghindari atau mengatasi bibir gelap

photoIlustrasi Bibir Cerah - (Pexels.com)</span

  1. Memberikan proteksi lebih pada bibir dengan menggunakan produk khusus bibir yang mengandung bahan-bahan aktif seperti kojic acid, glycolic acid, serum vitamin C, licorice.
    Bahan seperti retinol dan niacinamide juga disarankan, tetapi dalam kadar yang tak terlalu banyak karena berisiko iritasi.
  2. Kurangi kebiasaan membasahi bibir dengan saliva.
  3. Hati-hati saat menggunakan lips scrubs, jangan terlalu sering dilakukan mengingat ia bisa bersifat abrasif.
  4. Jika kamu menemukan perubahan warna bibir secara tiba-tiba, bisa saja itu tanda alergi. Tunggu beberapa hari sampai bibirmu pulih dari alergi dan coba analisis apa pemicunya.
    Jika gejala tak kunjung berhenti, silakan konsultasi ke dokter untuk mengecek apakah itu melasma atau kondisi kesehatan lainnya.

Sama seperti kulit, bibir juga perlu perlindungan ekstra. Ia salah satu bagian tubuh yang sering terekspos matahari dan polusi, jadi wajar jika kamu wajib merawat dan melindunginya. Semoga informasi dan tips untuk bibir gelap di atas tadi bermanfaat ya, selamat mencoba!

source: suara.com

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI