Sukabumi Update

4 Bahan Skincare yang Wajib Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak sekali penyebab kulit berminyak dan beberapa diantaranya tidak dapat dikendalikan, contohnya seperti genetik, stres, hormon, dan lingkungan.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda hindari agar mencegah kulit berminyak bertambah parah, salah satunya yaitu dengan tidak menggunakan produk skincare yang mengandung bahan-bahan tertentu.

photoIlustrasi Kulit Berminyak - (Freepik)</span

Seorang dokter kuli Loretta Ciraldo mengatakan untuk menghindari produk apa pun yang mendorong produksi minyak, dan memilih bahan yang menciptakan kulit berminyak.

Lantas apa saja bahannya? Melansir dari tempo.co, inilah empat bahan skincare yang wajib dihindari jika Anda memiliki jenis kulit berminyak.

Baca Juga :

1. Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida adalah bahan yang paling umum digunakan untuk mengobati jerawat dan berjerawat karena sifatnya yang mengeringkan. Tapi, Dr. Ciraldo mengatakan bahwa mereka yang memiliki kulit berminyak harus menghindari penggunaan bahan tersebut karena dapat menyebabkan kulit mengkompensasi efek samping pengeringan dari bahan tersebut. “Produksi minyak yang berlebihan tidak sehat untuk kulit,” jelasnya, seperti dilansir dari laman Well + Good.

2. Minyak Argan

Ciraldo menyarankan untuk menghindari penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung minyak argan. Dan sementara minyak argan sangat bagus untuk memperbaiki helai rambut, Dr. Ciraldo menjelaskan bahwa kombinasi sulfat dan minyak argan yang ditemukan dalam produk rambut ini dapat menyumbat pori-pori, membuat kulit berminyak, dan menyebabkan berjerawat.

3. Oklusif

Menurut Dr. Nazarian, produk oklusif seperti minyak bumi, minyak mineral, dan lanolin dapat memperburuk kulit berminyak dengan mengganggu kemampuan kulit untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Terutama selama bulan-bulan hangat, sangat penting untuk menggunakan produk ringan yang memungkinkan kulit untuk bernapas melalui panas dan kelembaban.

4. Alkohol

Toner dan pembersih tertentu mengandung alkohol yang menurut Dr. Nazarian mengatakan dapat menghilangkan hidrasi alami dari kulit. Jika Anda memiliki kulit berminyak alami, pilihlah produk bebas alkohol untuk membantu kulit Anda mengatur produksi minyak.

Baca Juga :

SOURCE: TERMPO.CO

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI