Sukabumi Update

Siklus 4 Tahunan Sebabkan Bitcoin Anjlok Hingga Rp 288 Jutaan

SUKABUMIUPDATE.com - Harga Bitcoin awal pekan ini masih berada pada tren penurunan di level 19.285 USD atau berkisar Rp 288 juta (asumsi kurs Rp 14.941 per dolar AS). Situs coingecko.com pada hari ini, Senin, 4 Juli 2022, memperlihatkan harga aset kripto itu melemah 8,4 persen dalam seminggu terakhir. 

Melansir dari tempo.co, padahal pada November 2021 lalu, Bitcoin sempat menembus rekor tertinggi di 69.045 USD atau sekitar Rp 1,03 miliar per keping. Artinya, harga Bitcoin hari ini sudah jeblok 72 persen dalam delapan bulan terakhir.

Menurut CEO Indodax, Oscar Darmawan, penurunan harga Bitcoin adalah siklus empat tahunan yang pernah terjadi sebelumnya. Hal itu terlihat dari hasil analisis teknikal yang dilakukannya.

Setelah Bitcoin mengalami all time high di 2013, 2017 dan 2021, menurut Oscar, akan terjadi penurunan harga yang cukup signifikan di tahun berikutnya. Hal tersebut kemudian diikuti dengan penurunan kripto lainnya.

"Kita bisa lihat bagaimana penurunan terjadi pada tahun 2014, 2018 dan sekarang di tahun," kata Oscar, Minggu, 3 Juli 2022.

Siklus empat tahunan itu, menurut dia, sering dimanfaatkan orang untuk membeli dan mengumpulkan aset kripto. Sebab, ketika harga aset kripto yang paling banyak dipegang investor tersebut turun, harga aset kripto lain biasanya mengikuti.

Harga mayoritas kripto juga diperkirakan bakal mengikuti Bitcoin sebagai aset kripto yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar. 

"Momen bearish saat ini justru adalah momen yang sering dimanfaatkan para trader jangka panjang untuk mengumpulkan portofolio kripto dengan membeli kripto yang mereka inginkan di harga yang murah," tutur Oscar.

Baca Juga :

photo(Ilustrasi) Aset kripto. - (via marca.com)</span

Di Indodax, kata Oscar, ada 200 lebih jenis aset kripto dan tidak semua mengalami penurunan seperti Bitcoin. Sejumlah aset kripto lain justru naik, misalnya token derivatif.

Token derivatif adalah token yang bergerak berlawanan dengan harga kripto pada umumnya. 

Indodax menyediakan token derivatif seperti Hedge dan Bear yang harganya akan naik ketika harga Bitcoin turun ataupun Ethhedge dan Bnbhedge yang harganya juga akan ikut naik ketika harga Ethereum dan BNB turun.

Biasanya, token derivatif dimanfaatkan oleh para trader jangka pendek yang tetap ingin menuai profit pada saat pasar tengah bearish. 

Oleh karena itu, Oscar menilai, trader atau investor perlu memahami pentingnya analisis teknikal dan menerapkan manajemen keuangan yang baik.

Yang dimaksud dengan analisis teknikal adalah cara melihat prediksi pergerakan harga ke depan dengan melihat tren yang sudah terjadi, melalui candle atau chart.

Adapun cara sederhana melihat tren tersebut adalah pola support, ketika harga kripto dari bawah yang terpantau akan naik. Begitu juga sebaliknya, yaitu pola resisten, ketika harga akan turun dari puncak.

Oscar menyebutkan investor perlu mengetahui candlestick mana yang mengindikasikan suatu harga akan naik atau suatu harga akan turun, begitu juga perbedaan antara candlestick hijau dan merah.

"Bagaimana cara mengidentifikasi tren menggunakan garis tren. Bagaimana pola harga kripto dan lain sebagainya," ujar Oscar.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI