Sukabumi Update

Hera Iskandar Sebut Anggaran Pelayanan Kesehatan Warga Sukabumi Cukup Besar

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar menyebut anggaran untuk peningkatan pelayanan kesehatan warga cukup besar dan terus meningkat. Ini adalah komitmen pemerintah daerah dan DPRD untuk memastikan sarana, prasarana serta SDM tenaga medis di Kabupaten Sukabumi terus membaik guna memberikan pelayanan kesehatan prima kepada warga.


Hal ini diungkap Hera saat mendampingi Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara dalam Rapat Kerja Nasional XIII Asosiasi Rumah Sakit Daerah Seluruh Indonesia (ARSADA) Tahun 2022. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, 7 hingga 9 November 2022 di Hotel Grand Mercure Jakarta.


Kegiatan ini dihadiri oleh semua Direktur RSD (rusak sakit daerah) Provinsi/Kabupaten/kota, Dewan Pengawas RSD, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota, Anggota DPRD yang membidangi Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota, Badan Pengawas Rumah Sakit dan Instansi terkait.


Tema Rakernas XII ini adalah "Penguatan RSD dalam rangka mendukung pelaksanaan transformasi layanan rujukan". Dilatarbelakangi tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia.


Indonesia sebagai negara kepulauan dengan jumlah penduduk besar adalah tantangan bagi tenaga kesehatan dalam melakukan pelayanan. Ada masalah transportasi dan komunikasi, infrastruktur, serta fasilitasi pelayanan kesehatan yang harus merata di seluruh pelosok Indonesia.


Dalam konteks ini, Ketua Komisi IV Hera Iskandar menjelaskan bahwa rakernas ini penting karena bertujuan untuk menyamakan persepsi dan ikhtiar mencapai tujuan nasional di bidang kesehatan. Mulai dari meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. 


“Untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal dengan terciptanya masyarakat, bangsa, dan Negara Indonesia yang ditandai oleh penduduk hidup dalam lingkungan dan perilaku sehat, mempunyai kemampuan menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu adil dan merata, serta memiliki derajat kesehatan yang optimal,” jelas Hera dikutip dari akun medsos resmi DPRD Kabupaten Sukabumi, Rabu (9/11/2022).


Lebih lanjut Hera mengatakan pemerintah daerah bersama dengan DPRD Kabupaten Sukabumi bersepakat dan berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan. “Hal ini ditunjukan pengalokasian anggaran yang cukup besar, untuk sarana dan prasarana serta peningkatan skill tenaga medis pada rumah sakit umum daerah yang ada di Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.


#SHOWRELATEBERITA

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI