Sukabumi Update

Nomor Seri Unik di Uang Mahar Kaesang Erina Bikin Salfok, BI Beri Tanggapan

Nomor Seri di Uang Mahar Kaesang dan Erina Tuai Perdebatan. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Uang mahar pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono membuat netizen salah fokus (salfok).

Pasalnya nomor seri dari uang mahar Kaesang Erina yang sebesar Rp 300 ribu itu merupakan tanggal lahir dari pasangan yang kini sudah sah menjadi suami istri, serta tanggal pernikahan keduanya.

Hal itulah yang menyeret nama Bank Indonesia, yang diduga netizen telah mengeluarkan secara khusus uang mahar tersebut.

Baca Juga: 26 Desember Bukan Cuti Bersama, Ini Penjelasan Menko PMK

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan BI tidak secara khusus melakukan pencetakan uang yang menjadi mahar pernikahan Kaesang dan Erina.

Meski demikian, menurut Erwin, BI memang secara khusus mengeluarkan seri uang tersebut dari tempat penyimpanan atau khazanah untuk uang mahar pernikahan Kaesang demi promosi Rupiah desain baru.

Baca Juga: Jadi Tempat Akad Nikah Kaesang dan Erina, 5 Fakta Pendopo Agung Ambarrukmo

"Setiap uang kertas yang dicetak BI memiliki nomor seri khusus sehingga tidak ada nomor seri ganda," kata Erwin dalam keterangan resminya, Jumat (16/12/2022) seperti melansir dari Suara.com.

Dijelaskan, nomor seri khusus itu menerapkan pola kombinasi berurutan alias aritmetik mengikuti urutan huruf dan angka. 

Erwin bilang uang yang sudah dicetak kemudian disimpan di khazanah atau tempat penyimpanan uang kertas dan logam milik Bank Indonesia.

Setelah itu mata uang Rupiah yang ada di khazanah kemudian bisa secara khusus dikeluarkan pada momentum tertentu. 

Oleh karena itu, uang seri khusus pada pernikahan Kaesang - Erina sebetulnya uang yang sudah dicetak dan tersimpan di khazanah.

"Bukan pesen khusus lalu kami cetak baru, tetapi dari stock yang ada bisa kita carikan," kata dia.

Meski demikian, Erwin menjelaskan, dikeluarkannya uang seri khusus dari khazanah BI ini tak dapat dilakukan sembarangan.

Bank sentral akan mempertimbangkan momentum spesial yang menjadi pusat perhatian publik.

Saat pernikahan Kaesang kemarin, BI menilai pengeluaran nomor seri khusus itu dari khazanah bisa sekaligus jadi sarana promosi Rupiah desain baru yang dikeluarkan 17 Agustus lalu.

Sumber: Suara.com

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT