Sukabumi Update

Entrepreneurship Mahasiswa: Pengusaha Sukabumi Gelontorkan Stimulan Rp 40 Juta

Pengusaha Sukabumi (diwakili Anjak Priatama Sukma dan Tomi Ardi) membantu permodalan bagi kelompok usaha mahasiswa sebesar Rp 40 juta | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan jiwa enterpreneur di kalangan mahasiswa, kelompok pengusaha Sukabumi menggelontorkan Rp 40 juta dana stimulan bagi mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis (Adbis) Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Kegiatan itu diinisiasi oleh sekelompok pengusaha Sukabumi yang diwakili oleh Tomi Ardi dan Anjak Priatama Sukma (Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi) yang juga fokus dalam membangun enterpreneurship muda di Sukabumi.

Perwakilan pengusaha Sukabumi sekaligus inisiator kegiatan, Tomi Ardi mengatakan bahwa kegiatan itu diadakan dalam rangka meningkatkan jiwa enterpreneurship di kalangan anak muda. Ia melibatkan seluruh mahasiswa semester 3 dan 5 di Prodi Adbis UMMI.

Baca Juga: 70,5 Persen Kades Pendatang Baru, 3 Perempuan Terpilih di Pilkades Sukabumi

Dalam prosesnya, kata Tomi, untuk mendapatkan dana stimulan senilai Rp 40 juta itu para mahasiswa diharuskan membuat proposal bisnis semenarik mungkin.

"Kegiatan itu bertujuan untuk menumbuhkan jiwa enterpreneur di kalangan anak muda, makanya kami berkolaborasi dengan UMMI khususnya di Prodi Administrasi Bisnis untuk memberikan motifasi dan juga dana stimulan kepada mereka (para mahasiswa)," kata Tomi kepada sukabumiupdate.com, Rabu (27/9/2023).

Adapun dana stimulan itu diberikan kepada empat proposal terbaik dari 30 proposal yang diterima sejak dua pekan ke belakang.

Baca Juga: Daftar Lengkap Penerima Penghargaan Sukabumi Award 2023

"Jadi acaranya itu, kaya ini loh, bikin proposal bisnis buat mahasiswa prodi administrasi bisnis UMMI, dari 30 proposal yang masuk itu ada 4 yang terpilih untuk diberikan dana stimulan," ujarnya.

Sementara itu, Anjak Priatama Sukma mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan satu gebrakan yang sangat baik dan positif dan tentu harus disambut baik, mengingat dukungan untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat harus diberikan oleh semua sektor.

"Alhamdulillah kampus menyambut positif adanya kolaborasi antara kampus dengan dunia usaha ini, karena biar teman-teman mahasiswa itu bisa tahu atmosfir dunia usaha itu seperti apa, yang kedua sebagai bahan pembelajaran untuk teman-teman karena kan prodinya prodi administrasi bisnis," ucap Anjak.

Baca Juga: Sungai Cikaso Sukabumi Mengering, Warga Berharap Segera Turun Hujan

Terlebih, ia juga berharap dana stimulan yang diberikan itu dapat bermanfaat dan dapat dijadian motifasi bagi para mahasiswa untuk mulai terjun ke dunia usaha.

"Harapannya dana stimulan itu bisa berkembang untuk bisnisnya yang sudah berjalan, dan bisnisnya betul-betul dijalankan, karena nanti juga akan di monitor dan akan didampingi untuk pengembangannya selama satu tahun kedepan," pungkasnya. (Adv)

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT