Sukabumi Update

Rp 6 Juta Sehari! Omzet Tukang Bakso di Jalan Sukabumi-Bogor Akibat Longsor Tol Bocimi

Warung bakso Zaenal (35 tahun) di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Padatnya kendaraan di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor sebagai dampak ditutupnya Tol Bocimi Seksi 2 akibat longsor di KM 64 membawa berkah bagi para pedagang dan tukang parkir. Salah satunya mereka yang berada di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Pendapatan yang meningkat selama mudik dan balik lebaran ini dirasakan pedagang dan tukang parkir karena banyak yang beristirahat di area masjid. "Sudah ramai sejak seminggu sebelum lebaran, bahkan hingga sekarang. Jadi benar-benar terasa ke penjualan." kata pedagang atau tukang bakso di Masjid Nurul Anda, Zaenal (35 tahun), pada Sabtu (20/4/2024).

Zaenal mengungkapkan warung baksonya sempat libur total selama lima bulan karena sejak diresmikannya Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Agustus 2023, semakin tidak ada pengunjung yang datang. Kondisi ini juga membuat para pekerja di warung bakso milik Zaenal terpaksa diberhentikan.

"Karyawan dikeluarkan karena enggak ada pemasukan. Saya berani dagang lagi karena melihat jalan raya nasional mulai padat kembali," ujarnya.

Baca Juga: Menko PMK Optimis Perbaikan Permanen Tol Bocimi Seksi 2 Rampung dalam 3 Bulan

Menurut Zaenal, omzet saat ini sehari bisa Rp 4 juta hingga Rp 6 juta, berbeda dengan sebelumnya. "Kalau sebelumnya uang segitu sebulan aja enggak dapat," kata dia.

Hal serupa dikatakan tukang parkir di rest area SPBU Budiman Gentong, Redi (36 tahun). Menurutnya, mudik lebaran membawa berkah pendapatan. "Alhamdulillah beda dengan kemarin (2023) yang sempat sepi. Saat ini ramai lagi, per hari saya dapat Rp 250 ribu sampai Rp 300 ribu. Tidak seperti sebelumnya hanya Rp 20 ribu sehari," katanya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebelumnya bersama Kepala BNPB Suharyanto dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri meninjau proses perbaikan bahu jalan yang longsor di KM 64+600 A Tol Bocimi Seksi 2, Rabu, 17 April 2024.

Menurut Muhadjir, penanganan setelah kejadian longsor pada Rabu malam, 3 April 2024, sudah dilakukan dengan baik. Muhadjir memastikan perbaikan jalan tol yang longsor secara permanen akan selesai dalam waktu tiga atau empat bulan.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT