Sukabumi Update

Ini Tips Mengelola Uang THR Agar Lebih Berfaedah

SUKABUMIUPDATE.com - Tunjangan Hari Raya atau THR merupakan sesuatu yang paling ditunggu para pekerja. Apalagi Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan untuk lebaran tahun ini THR wajib dibayarkan penuh kepada pekerja dan buruh. Namun yang perlu diingat, jangan sampai uang THR yang diterima habis begitu saja.

Lalu, bagaimana cara mengalokasikan THR agar dapat dimanfaatkan?

Berikut tips mengelola THR secara bijak dan cerdas:

1. Buat daftar catatan tujuan keuangan

Pisahkanlah uang THR dengan gaji bulanan. Sebaiknya sebagian dari uang THR disisihkan untuk dana darurat atau investasi.

2. Utamakan kebutuhan

Lebaran adalah momen kemenangan dan kebahagiaan. Namun, kebutuhan sehari-hari termasuk pulsa telepon tetap harus menjadi prioritas agar perayaan Lebaran tidak terganggu.

Masyarakat bisa menggunakan DANA untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di sejumlah supermarket maupun e-commerce selama Lebaran, atau pun membeli pulsa dan paket data dengan mudah dan aman.

3. Jadikan THR penuh berkah dengan sedekah

Pos selanjutnya yang harus dipenuhi dari uang THR adalah adalah untuk membayar zakat yang menjadi kewajiban bagi umat Islam.

Selain zakat, bulan Ramadhan dan Idul Fitri yang penuh berkah juga bisa dijadikan momen untuk memperbesar amal ibadah melalui sedekah.

4. Sisihkan untuk investasi

Jangan habiskan THR untuk bersenang-senang, sisihkanlah sebagian untuk tabungan darurat atau investasi. Pembagian THR tahun ini bisa jadi momentum yang pas untuk berinvestasi di tengah adanya larangan mudik dan pembatasan pada tempat-tempat liburan.

5. Boleh memanjakan diri, tapi harus sesuai kemampuan

Setelah semua pos pengeluaran yang wajib dan penting dipenuhi, tidak ada salahnya menggunakan uang THR yang tersisa untuk bersenang-senang atau memanjakan diri, khususnya bagi yang suka berbelanja atau bermain game.

Pasalnya, voucher game dengan potongan harga spesial juga tersedia bagi pengguna menemani bulan Ramadhan ini. Dengan catatan, uang yang dibelanjakan sepenuhnya adalah sisa THR.

Sumber: SUARA.COM

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI