Sukabumi Update

Siapkan Rp 150 Miliar, Dermaga Cisolok Sukabumi Didorong Jadi Program Strategis Nasional

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Bappeda Jawa Barat meninjau lokasi pembangunan Dermaga Cisolok yang berada di Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (21/5/2021). 

Dalam kesempatan itu, Kepala Bappeda Jabar Ferry Sofwan Arif menyatakan, Dermaga Cisolok ini merupakan bagian dari usulan Gubernur Jabar yang berkaitan dengan rancangan peraturan Presiden untuk percepatan pembangunan di kawasan Jabar selatan. "Jabar selatan seperti apa? Kita mulai dari sebelah barat dalam hal ini TPI Cisolok sampai ke Pangandaran," jelas Ferry.

Baca Juga :

Terkait hal itu, Bappeda sudah berkali-kali melaksanakan rapat untuk mematangkan rencana dari program tersebut hingga kemudian draf untuk rancangan Presidennya sudah jadi. Adapun tinjauan yang dilakukan oleh tim dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Koordinator Perekonomian dan Sekretariat Kabinet. 

"Tim ini akan melihat ke lapangan bagaimana usulan dari Pemprov Jabar, dari Kabupaten Sukabumi. Sesuai tidak hal-hal yang sudah diajukan ini dan di lapangan [tim] ingin mengetahui lebih dalam lagi bagaimana potensi-potensi daerah, bagaimana kemudian adalah dukungan-dukungan secara teknis dan bagaimana juga yang disebut kredines kriteria. Jadi kriteria-kriteria yang harus disiapkan oleh Pemkab Sukabumi dan Pemprov terkait rancangan peraturan presiden (perpres) ini," sambungnya.

Dijelaskan Ferry ada harapan dengan nanti Perpres ketika sudah ditandatangani oleh Presiden. "Akan ada fasilitasi dukungan dan dukungan dari kementerian dan lembaga, jadi bukan hanya mendorong APBD Provinsi, mendorong APBD Kabupaten Kota, tapi juga adalah APBN dari kementerian dan lembaga akan masuk karena beberapa aktivitas rancangan perpres ini akan jadi program strategis nasional," terangnya.

Apabila sudah masuk ke rancangan presiden maka pembangunan dermaga Cisolok lebih fokus lagi. "Makanya ini upaya, dengan rancangan Perpres ini lebih dibulatkan lebih difokuskan bahwa kalau sudah masuk rancangan Peraturan Presiden, seperti yang saya sampaikan tadi kementerian dan lembaga lebih memperhatikan, karena kan sudah menjadi ketentuan namanya peraturan Presiden," katanya.

"Kalau kemarin mungkin usulan dari daerah khususnya dari Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Jabar langsung ke Kementerian Kelautan belum masuk ke prioritas. Kalau sudah masuk ke peraturan Presiden itu akan menjadi program strategis nasional, akan menjadi prioritas," tukasnya.

Mengenai anggaran pembangunan dermaga tersebut mencapai Rp 150 miliar lebih. Kendati demikian, anggaran itu masih dalam pembahasan.

"Nilai anggaran masih dibahas karena pertama angka nilai keseluruhan yang kira-kira Rp 150 Miliar kelengkapannya dan ada yang tahap prioritas awal. Kalau prioritas awal kita ingin melihat teman-temen dari Dinas Perikanan Provinsi Jabar untuk tahap awal ingin mendorong ada galangan kapal terlebih dahulu supaya breakwater yang ada bisa dimanfaatkan, bisa tempat bersandar bisa untuk memperbaiki kapal. Karena di wilayah selatan ini belum ada galangan kapal, selama ini adalah selalu ke Cilacap, Jawa Tengah," ujar Ferry.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI